Find Us On Social Media :

Audi Q5 SUV Dimodifikasi Menjadi Mobil Otomatis yang Bisa menyetir Sendiri

By Lila Nathania, Senin, 27 April 2015 | 20:30 WIB

Audi Q5 SUV Dimodifikasi Menjadi Mobil Otomatis yang Bisa menyetir Sendiri

Intisari-Online - Kita mungkin sering membayangkan serunya punya mobil yang tak perlu dikendalikan. Saat dalam perjalanan Anda bisa tidur, bermain game, mengobrol, atau makan dengan santai. Hal itu sekarang bukan hanya angan-angan karena sekarang sudah ada Audi Q5 SUV yang dimodifikasi menjadi mobil otomatis yang bisa menyetir sendiri.

Berkat investasi dari Google, Apple, dan Tesla, mobil impian tersebut kini sudah terwujud. Mobil otomatis itu sendiri dibuat oleh sebuah perusahaan asal Inggris, Delphi. Mereka memodifikasi mobil Audi Q5 SUV untuk berkendara sendiri dari bagian barat hingga timur Amerika Serikat.

Perjalanan tersebut menempuh jarak sekitar 5.471 km dan menghabiskan waktu sebanyak sembilan hari. Mobil itu tentu masih berisi seorang penyetir untuk mengatasi kondisi jalan tertentu seperti putar balik, jembatan, jalan yang sedang diperbaiki, terowongan, dan saat ada pengendara mobil lain yang agresif.

Saat melewati 15 negara bagian, mobil ini berhasil dijalankan secara otomatis sekitar 99% dari keseluruhan perjalanan. Pengendali mobil hanya mengambil alih sekitar 80 km saat ada jalan-jalan yang sulit atau diperbaiki.

Untuk bisa berkendara sendiri dengan aman, mobil ini dilengkapi dengan enam radar jarak jauh, empat radar jarak dekat, tiga kamera, enam lampu pendeteksi jarak, dan sejumlah trik berteknologi tinggi lainnya. Dalam percobaan ini ditemukan bahwa kamera kadang-kadang gagal beroperasi dengan baik saat cuaca mendung.  Kamera juga terkadang gagal menangkap marka jalan yang sudah pudar atau diwarnai dengan warna tak standar.

Dengan adanya penemuan mobil otomatis yang bisa menyetir sendiri ini bukan tak mungkin suatu saat kita bahkan tak perlu lagi duduk di kursi kemudi saat melakukan perjalanan dengan mobil.