Find Us On Social Media :

POS Attack, Cara Para Hacker Curi Data Kita Melalui Kasir

By Ade Sulaeman, Rabu, 27 Mei 2015 | 10:00 WIB

POS Attack, Cara Para Hacker Curi Data Kita Melalui Kasir

Intisari-Online.com - Salah satu cara baru yang digunakan para hacker untuk memperkaya diri mereka adalah dengan cara Point of Sales (POS) Attack. Melalui POS Attack ini, para hacker mencuri data kita hanya melalui kasir.

Matthew Johnston selaku Managing Director Dell untuk Asia menyatakan bahwa serangan pada POS ini meningkat dari tahun ke tahun. Bahkan tingkat kerugian yang ditimbulkannya juga sangat bombastis yang bisa mencapai jutaan dolar dari setiap serangannya.

Menurut data yang dimiliki oleh Dell, meningkatnya tingkat serangan POS ini diakibatkan beberapa faktor:

1. Software yang jarang di-update.

2. Tidak ketatnya pengawasan terhadap akses kontraktor ke dalam jaringan.

3. Rendahnya keamanan terhadap akses karyawan yang menggunakan alat mobile.

4. Rendahnya peraturan terhadap penggunaan Internet oleh karyawan.

Yang lebih berbahayanya lagi, kini para hacker tidak lagi hanya menyerang retailer atau pebisnis besar saja, namun juga small dan medium business. Karena umumnya para pebisnis kecil dan menengah ini masih kurang memerhatikan keempat faktor di atas tadi.

Sebagai analogi, para hacker ini bisa menyerang 50 bisnis kecil dan menengah sekaligus, dan mendapatkan keuntungan yang sama seperti menyerang 1 bisnis besar, sedangkan waktu yang dihabiskan di antara keduanya sama.

Di era teknologi canggih seperti ini, data merupakan bagian dari harta karun. Karena dengan bermodalkan data kita seperti nama, nomor telepon, dan alamat email kita saja, maka para hacker ini bisa mengeruk banyak keuntungan. Dari spam, sampai dengan menyamar menjadi kuntuk penipuan.

Belum lagi data-data tersebut juga memberikan akses ke semua benda pribadi kita. Dari data-data tersebut, para hacker bisa mengakses akun Facebook kita, bahkan sampai rekening bank kita.

(Kama Adritya/chip.co.id)