Find Us On Social Media :

Foto Panorama Raksasa Mont Blanc Ini Jadi Foto Terbesar di Dunia dengan 365 Gigapixel

By Ade Sulaeman, Rabu, 27 Mei 2015 | 18:00 WIB

Foto Panorama Raksasa Mont Blanc Ini Jadi Foto Terbesar di Dunia dengan 365 Gigapixel

Intisari-Online.com - Sebuah tim internasional yang dipimpin oleh fotografer Italia Filippo Blengini telah menerbitkan foto panorama raksasa gunung Mont Blanc. Dengan ukuran mencapai 365 gigapixel, foto ini menjadi foto terbesar di dunia.

Gambar yang luar biasa ini menghabiskan waktu pengambilan gambar hingga 35 jam yang dilakukan terusmenerus untuk menangkap 70.000 gambar yang membentuk panorama.

Fotografer Italia Filippo Blengini mengatakan proyek in2white terinspirasi oleh gunung itu sendiri.

"Kami berani, gila dan cukup ambisius untuk berpikir tentang gambaran gigapanoramic, untuk merebut setiap detail dari gunung," tutur Blengini.

Tim yang teridir dari lima orang ini menghabiskan dua minggu di akhir tahun 2014 pada ketinggian 3500 meter (11.500 kaki) di atas salju abadi dengan suhu -10 ° C.

Menggunakan lensa Canon EF 400mm f/2.8 II IS, kamera DSLR Canon 70D dan Canon Extender 2X III pada sebuah robot gunung khusus, peralatan ini mumpuni untuk menangkap 70.000 foton selama 35 jam.

Proyek ini juga berencana untuk kembali melakukan hal yang sama di daerah lain dengan menambahkan dua panorama dari sudut yang berbeda.

Proses pengolahan setelah pengambilan gambar untuk menjahit foto-foto yang secara total berukuran 46 terabyte tersebut, tim harus menghabiskan waktu dua bulan.

Jika dicetak foto tersebut yang dihasilkan tersebut akan memiliki ukuran yang lebih besar dari lapangan sepak bola jika dicetak di 300dpi.

Timi ini bekerja sama dengan Canon, Sandisk dan perusahaan teknis lainnya untuk menyelesaikan gambar.

Foto panorama raksasa Mont Blanc ini mengalahkan foto terbesar di dunia sebelumnya yang diambil dari atas Menara BT di London dengan ukuran “hanya” 320-gigapixel.

Sebenarnya NASA memiliki foto berukuran 681 megapixel lebih besar, tapi itu diambil oleh Lunar Reconnaissance Orbiter, bukan kamera “biasa”.

Penasaran seperti apa foto panorama raksasa Mont Blanc yang didapuk sebagai foto terbesar di dunia tersebut? Silakan klik tautan ini.(dailymail.co.uk