Find Us On Social Media :

Menunggu Celana Jeans Pintar Ciptaan Google

By Moh Habib Asyhad, Rabu, 10 Juni 2015 | 09:00 WIB

Menunggu Celana Jeans Pintar Ciptaan Google

Intisari-Online.com - Tidak puas tidak ponsel, mobil, jam tangan, kini Google akan membuat celana jeans pintar. Bekerjasama dengan pabrikan jeans terkenal Levi Strauss, Google telah mengumumkan kerja sama itu dalam konferensi Google I/0 2015 yang diadakan di Mascone Center, San Francisco, 15 – 17 Mei 2015.

Jeans pintar tersebut nantinya akan dirancang untuk bisa menerima input berupa santuhan jari yang berfungsi untuk mengendalikan gawai lewat gesture tubuh. Misalnya untuk menghidupkan musik, pengguna cukup menyentuh atau menyapukan jari di atas kain celana jeans.

Sebagai informasi, proyek bernama Project Jacquard itu adalah buah pikiran dari divisi Advanced Technology and Projects (ATAP) Google. Kabarnya, tim ATAP berencana membuat bahan jeans pintar menggunakan serat konduktif khusus yang dijahit bersama bahan tekstil biasa.

Serat-serat khusus ini nantinya bisa digunakan bersama aneka macam bahan tekstil, tak terbatas untuk jeans saja. Rancangan pakaian pun bisa diserahkan sepenuhnya para desainer. Bagian yang bisa menerima input dapat dibuat agar menonjol dari bagian lain, misalnya dengan diberi warna berbeda, atau dibuat menyatu. Bisa juga dibatasi pada area tertentu.

.

Lantas seperti apa cara perawatannya? Jangan khawatir, meski memiliki embel-embel “pintar”, jeans tersebut tetap bisa diperlakukan laiknya jeans pada umumnya. “Bisa dicuci,” ujar Emre Karagozler dari Google ATAP, yang menyebut produk eksperimen bikinannya itu sebagai "tekstil interaktif". “Tidak diperlukan perlakukan yang istimewa.”

Jadi, bersiap-siaplah untuk menyambut celana jeans pintar ciptaan Google.