Find Us On Social Media :

92% dari Seluruh Keuntungan Industri Smartphone Masuk ke Kantong Apple

By Axel Natanael Nahusuly, Jumat, 17 Juli 2015 | 13:00 WIB

92% dari Seluruh Keuntungan Industri Smartphone Masuk ke Kantong Apple

Intisar-Online.com - Apple dan Samsung sudah merajai industri smartphone selama beberapa tahun belakangan ini. Dan jika melihat laporan terbaru dari The Wall Street Journal, maka dominasi keduanya akan terus berlanjut hingga di masa depan nanti. Menurut WSJ, 92% dari seluruh keuntungan industri smartphone masuk ke kantong Apple.Angka ini melonjak sangat tajam dibanding tahun sebelumnya di mana Apple 'hanya' mengambil jatah 65%. Besarnya profit smartphone yang diraup Apple terbilang sangat luar biasa mengingat iPhone menguasai kurang dari 20% pangsa pasar smartphone dunia dan ada lebih dari 1.000 perusahaan yang bermain di ranah ponsel pintar.

Posisi kedua masih dikuntit oleh Samsung dengan meraup 15% profit industri smartphone dunia. Jangan heran melihat kombinasi profit keduanya yang mencapai 107% karena sebagian besar pemain lain mengalami kerugian.

Salah satu pendorong profit besar iPhone adalah nilai jual rata-ratanya yang sangat tinggi. iPhone rata-rata terjual dengan harga US$659 atau hampir tiga kali lebih tinggi daripada harga jual rata-rata smartphone Android yang hanya dikisaran US$185.

Data The Wall Street Journal ini diperoleh dari angka penjualan vendor smartphone yang sudah tercatat di bursa saham sehingga perusahaan-perusahaan yang tidak tercatat di bursa seperti Xiaomi tidak terdata. Namun, Xiaomi sendiri hanya mengejar margin yang kecil di tiap penjualan ponselnya sehingga secara keseluruhan dirasa tidak akan terlalu berpengaruh.Kira-kira sampai kapan ya 92% dari seluruh keuntungan industri smartphone akan masuk ke kantong Apple? (Chip)