Find Us On Social Media :

Avanza Baru Sukses Bikin Penasaran

By Tjahjo Widyasmoro , Jumat, 21 Agustus 2015 | 14:00 WIB

Avanza Baru Sukses Bikin Penasaran

Wajah baru Grand New Avanza dan Grand New Veloz rupanya membuat banyak orang penasaran. Banyak orang yang ingin melihat secara langsung penampilan terbaru dari “mobil sejuta umat” ini dan membandingkan kemajuannya dibandingkan dengan versi lamanya. Antusiasme masyarakat itu antara lain tampak dalam sebuah pameran otomotif di Tangerang Selatan (20-30/8).

Dari penampilan eksterior dan interiornya, Grand New Avanza dan Grand New Veloz memang mencatat beberapa perubahan yang signifikan. Tampak depan, sisi samping, maupun belakang mendapat sentuhan desain yang “agresif”. “Desain kami kini memang lebih agresif, karena di masa depan kami memang akan lebih agresif lagi,” ungkap Kazuhiko Yamashita, chief engineer proyek wajah baru Avanza, pada acara peluncuran di Jakarta, 12 Agustus 2015.

Begitu pula dari sisi interior, beberapa perbaikan juga dilakukan demi kenyamanan pengemudi dan penumpang. Hal ini terutama tampak dari pemilihan warna interior yang lebih mewah, desain dashboard, sistem audio, sabuk keselamatan, dan pengaturan kursi penumpang. Perbaikan lain yang layak diapresiasi yakni sistem peredaman kebisingan yang lebih baik.

Salah satu isu penting dari kehadiran wajah baru Grand New Avanza dan New Veloz terletak pada sektor permesinan yang menggunakan dual VVT-i. “Kami menggunakan mesin NR series yang digunakan pula di mobil yang juga baru diluncurkan di Jepang, bernama Sienta,” ungkap Yamashita. Hasilnya terasa pada peningkatan tenaga dan efisiensi pemakaian bahan bakar hingga 15%-20%.

Menariknya, MPV yang telah terjual 1,3 juta unit sejak 2004 ini juga mulai membuat pemisahan tegas antara Avanza dengan Veloz. Kedua varian itu kini semakin terpisah dengan pengembangan desainnya masing-masing untuk pasar yang berbeda. Avanza lebih dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan keluarga, sementara Veloz mengutamakan faktor stylish dan kecanggihan fitur-fiturnya.

Salah satu yang diperkirakan akan menarik perhatian masyarakat adalah kehadiran dari Veloz berkapasitas mesin 1.300 cc. Menurut Suparno Djasmin, Vice President Director PT Toyota Astra Motor, pemunculan Grand New Veloz terbaru ini untuk memberikan pilihan lebih banyak kepada konsumen. Sebab, menurut dia, ada konsumen yang menginginkan kecanggihan fitur dan style Veloz namun menginginkan kapasitas mesin yang lebih kecil.