Find Us On Social Media :

Saat Apple, Android dan Facebook Sama-sama jadi Juara

By Ade Sulaeman, Selasa, 13 Oktober 2015 | 14:00 WIB

Saat Apple, Android dan Facebook Sama-sama jadi Juara

Intisari-Online.com – Sebuah riset mengungkapkan bagaimana Apple, Android dan Facebook sama-sama menjadi juara di bidangnya masing-masing.

Data statistik smartphone di Amerika Serikat telah dipublikasikan oleh comScore, perusahaan riset pasar ternama di dunia. Saat ini tercatat ada 191.1 juta orang di AS yang memiliki smartphone dalam periode 3 bulan yang berakhir bulan Agustus. Hasilnya penetrasi pasar mobile mencapai angka 77.1%.

Data analitik menunjukkan bahwa Apple tetap menjadi vendor terbesar dan nomor satu di AS dengan 44.1% pangsa pasar, naik 0.6% dibandingkan periode sebelumnya. Di urutan kedua dan ketiga ada duo Korea, Samsung dan LG dengan pangsa pasar 27.4% dan 9.1%. Mengekor duo Korea, Motorola dan HTC menempati urutan keempat dan kelima dengan angka 4.7% dan 3.4%.

Jika Apple menguasai pasar perangkat keras, Android memimpin di pasar perangkat lunak. Meski mengalami sedikit penurunan dibandingkan periode sebelumnya, Android menguasai pangsa pasar sebesar 51.7% diikuti oleh Apple dengan angka 44.1%. Sistem operasi Windows Mobile milik Microsoft ada di urutan selanjutnya dengan pangsa pasar 2.9%.

Selain data-data di atas, comScore juga melakukan analisa terhadap aplikasi yang populer di smartphone. Hasilnya Facebook menjadi aplikasi yang paling banyak populer karena digunakan oleh 3 dari 4 pengguna smartphone di AS. Facebook Messenger menyusul di tempat kedua dan YouTube di tempat ketiga. Hasil analisa comScore bisa dilihat di bawah ini.

(chip.co.id)