Find Us On Social Media :

4 Salah Kaprah Seputar Baterai 'Smartphone'

By Lila Nathania, Minggu, 15 November 2015 | 11:00 WIB

4 Salah Kaprah Seputar Baterai 'Smartphone'

Intisari-Online.com – Di dunia modern ini sebagian besar orang tentu sudah menggunakan smartphone. Anda mungkin salah satunya. Orang-orang pun sering mengkhawatirkan masalah baterai ponselnyal inilah empat mitos seputar baterai smartphone yang salah.

1. Membiarkan ponsel di-charge akan merusak baterai.

Anda pasti sering mendengar mitos ini. Membiarkan ponsel di-charge semalaman akan merusak baterai. Nah, mitos ini benar-benar salah karena sebagian besar ponsel modern akan berhenti mengisi daya ketika sudah penuh.

2. Charge baterai ketika sudah habis total

Saran ini benar untuk baterai-baterai ponsel zaman dulu. Untuk jenis baterai Lithium-ion yang sudah digunakan oleh hampir semua ponsel modern, saran ini tidak benar. Anda justru disarankan untuk tidak menunggu baterai sampai habis total baru melakukan charging ulang.

3. Sering mengisi baterai memperpendek umur baterai

Umur baterai memang akan selalu berkurang. Semua benda tentu ada umurnya. Namun, umur baterai sama sekali tidak ditentukan oleh seberapa sering Anda melakukan charging. Jadi tidak masalah Anda mau mengisi ulang baterai saat 40% atau 60% karena hal itu tak berpengaruh pada umur baterai.

4. Jangan memakai ponsel saat sedang diisi baterainya

Asal Anda mengisi ponsel dengan charger yang asli, ponsel Anda tak akan rusak walau dipakai saat sedang diisi dayanya. Faktanya adalah ponsel Anda mungkin akan terasa panas jika dipakai saat sedang diisi dayanya namun hal ini tidak mengurangi mur baterai.

Itulah empat mitos seputar baterai smartphone yang salah.

(yahoo.com)