Find Us On Social Media :

Emoji 'Menangis Bahagia' Menjadi yang Paling Populer di 2015

By Moh Habib Asyhad, Rabu, 18 November 2015 | 14:00 WIB

Emoji 'Menangis Bahagia' Menjadi yang Paling Populer di 2015

Intisari-Online.com - Jika pada 2014 tahunnya emoji “hati”, maka kini emoji “menangis bahagia” menjadi yang paling populer di 2015, mengalahkan predikat kata yang lainnya. Dirilis dari WSJ, gelar ini baru saja disematkan oleh Oxford Dictionaries.

Terpilihnya kembali emoji sebagai predikat kata paling populer ini semakin menegaskan dominasi emoji dalam menunjang komunikasi sehari-hari. Emoji ini kerap muncul dalam obrolan-obrolan dunia maya, terlebih aplikasi mengirim pesan instan, seperti WhatsApp dan BlackBerry Messenger.

“Kita bisa lihat bagaimana susunan alfabet berusaha tetap eksis, menyusul maraknya komunikasi yang menuntut visualisasi di abad 21 ini,” ujar Presiden Oxford Dictionaries, Casper Grathwohl, seperti dirilis dari Kompas.com.

Menurut Grathwohl fenomena ini tidak mengejutkan, mengingat emoji berperan lebih besar dalam mengakomodir ekspresi manusia lewat layar ponsel atau PC. Emoji lebih fleksibel, aku Grathwohl. Ia juga lebih sederhana dan menarik secara visual, juga memiliki makna yang lebih kaya dalam berkomunikasi.Baca juga: Penggguna emoji lebih sering berhubungan seks 

Kita tahu, emoji merupakan ideogram alias gambar atau ikon digital kecil yang dipakai sebagai bagian dari teks untuk mengungkapkan perasaan penulisnya. Sejak muncul di Jepang menjelang akhir abad ke-20, penggunaan emoji telah meluas ke seluruh dunia.

Tahun 2014 tercatat dalam sejarah sebagai tahun pertama di mana kata terpopuler diemban oleh sebuah emoji. Dan tahun ini, itu terjadi lagi. Lalu bagaima dengan tahun-tahun yang akan datang?