Find Us On Social Media :

Samsung Resmi Tak Berjualan Kamera Lagi karena Kalah oleh 'Smartphone'?

By Moh Habib Asyhad, Selasa, 1 Desember 2015 | 10:00 WIB

Samsung Resmi Tak Berjualan Kamera Lagi karena Kalah oleh 'Smartphone'?

Intisari-Online.com - Melalui juru bicaranya, perusahaan elektronik asal Korea Selatan, Samsung, memgumumkan bahwa pihaknya sudah resmi tak berjualan kamera lagi. Tak lain dan tak bukan, pemberhentian ini disebabkan oleh menurunnya permintaan masyarakat terhadap kamera digital—begitu juga dengan aksesorisnya—seiring dengan semakin canggihnya smartphone.

Desas-desus ini sejatinya bukan hal yang baru. Sebelumnya sempat beredar kabar bahwa Samsung berencana menghentikan penjualan kamera NX1 di Eropa. Padahal eksistensi mereka di bisnis kamera tergolong baru, belum sampai satu dekade.

“Kami cepat beradaptasi dengan kebutuhan serta permintaan pasar,” ujar si juru bicara seperti dilansir dari Kompas.com.

Kamera DSLR pertama Samsung diluncurkan pada 2006 lalu bekerja sama dengan Pentax. Perusahaan Korea itu menyebutnya sebagai GX 1S, yang merupakan modifikasi dari Pentax DS 2.

 

Selanjutnya pada 2009, mereka meluncurkan lini produk NX. Kamera mirrorless ini mengusung konsep dan kualitas sebuah DSLR, namun dengan bentuk ringkas dan praktis layaknya sebuah kamera point and shoot.

Sejak Februari tahun ini, Samsung tidak pernah mengumumkan keberadaan NX seri baru lagi. Kamera terakhir yang mereka rilis adalah NX 500, dengan sensor ukuran APS-C setajam 28 megapiksel.