Find Us On Social Media :

Komunikasi Bencana: Cara Cerdas Mencari dan Membagikan Informasi saat Terjadi Serangan Teror

By Ade Sulaeman, Kamis, 14 Januari 2016 | 15:00 WIB

Komunikasi Bencana: Cara Cerdas Mencari dan Membagikan Informasi saat Terjadi Serangan Teror

Intisari-Online.com - Di zaman sekarang, internet merupakan sumber informasi. Terutama di saat bencana atau serangan teror terjadi. Kita dibanjiri dengan berbagai informasi yang belum tentu benar adanya.

Ketika kebanjiran informasi, kita bisa menggunakan komunikasi bencana dengan bersikap tenang dan berpikir pintar agar kita tidak ikut menjadi bagian dari kekacauan informasi.

Berikut cara cerdas mencari dan membagikan informasi saat terjadi serangan teror, seperti diungkap Inco Harper, Pengajar Ilmu Komunikasi Universitas Multimedia Nusantara.

1. Mencari informasi di sumber utama

Dapatkan informasi utama dari sumber-sumber yang utama juga. Contohnya, portal berita dan media massa yang dapat dipercaya, pusat informasi bencana atau krisis dan juga social media resmi kepolisian dan pemerintah.

2. Tidak membagi informasi tidak jelas di chat messaging

Kita juga tidak perlu ikut membagi informasi yang tidak jelas sumbernya ke grup chat messaging atau social media yang umumnya dilakukan banyak orang. Pastikan, informasi yang kita dapat menyertakan link atau tautan sumber berita. Jika hanya disebutkan informasi berasal dari polisi tapi tidak ada link terkait, mungkin kita bisa melakukan langkah pertama terlebih dulu yaitu mencari informasi di sumber utama.

3. Tidak membagi foto korban atau jenazah

Jangan menyebarkan foto korban atau jenazah dari kejadian tersebut. Selain membuat orang lain panik, hal tersebut juga tidak sesuai etika. Di media massa, foto korban atau jenazah akan di-blur atau di-pixelate. Intinya, jangan didramatisasi.

4. Membagi informasi posisi kita saat ini

Sebutkan posisi kita saat ini di social media. Beritahu juga jika perlu kondisi kita dan sekitar kita. Hal ini berguna melawan hoax atau berita palsu yang menyatakan tempat-tempat tertentu terjadi bencana susulan.

 5. Tetap tenang

Dan, tetap tenang. Pantau informasi dari berbagai media sebagai bahan informasi. Kita juga juga bisa melihat 5 cara tidak panik ketika terjadi serangan teror di sini.

(kawankumagz.com)