Find Us On Social Media :

Loon Copter, 'Drone' yang Bisa Terbang Sekaligus Menyelam di Bawah Air

By Moh Habib Asyhad, Rabu, 27 Januari 2016 | 13:30 WIB

Loon Copter, 'Drone' yang Bisa Terbang Sekaligus Menyelam di Bawah Air

Intisari-Online.com - Melihat robot underwater sudah biasa, begitu juga dengan pesawat tanpa awak terbang di udara. Yang belum biasa adalah melihat drone yang bisa terbang sekaligus menyelam di bawah air. Inilah Loon Copter yang bekerja di udara, di permukaan air, di bawah air dengan sama baiknya.

Proyek yang dikembangkan oleh Embedded Systems Reseacrh, Oakland University, ini tak ubahnya dengan drone lainnya ketika terbang di udara. Ketika mendarat di air ia bisa mengembangkan pelampung sehingga bisa tetap berada di permukaan. Loop Copter juga bisa mengisi pelampung itu sehingga bisa menyelam di air, bisa miring hingga 90 derajat, dan bisa bergerak ke sana ke mari menggunakan rotornya.

Dan dengan daya tolaknya, drone ini bisa kembali mengapung ke permukaan.

Prototipe pertama Loon Copter telah diuji pada awal 2015 lalu; sementa iterasi terbaru ditunjukkan ketika menjadi semifinalis dalam ajang UAE Drones for Good Award, sebuah kompetisi drone yang putaran finalnya diadakan di Dubai pada awal Februari ini.

Ke depannya, Loon Copter menjadi lebih serbaguan. Termasuk pengintaian juga misi pencarian dan penyelamatan.

Meski demikian, ada beberapa hal yang mesti dikembangkan. Tim dari Oakland University mengatakan, prioritas utama saat ini adalah memperluas jaringan nirkabel bawah air, navigasi bawah air, dan mendesain ulang lambung drone sehingga lebih efisien ketika menyelam.