Find Us On Social Media :

Robot Terbang Mini Pengantar Pesanan

By Lila Nathania, Sabtu, 30 Agustus 2014 | 09:00 WIB

Robot Terbang Mini Pengantar Pesanan

Intisari-Online.com Zaman dahulu orang mengirimkan surat menggunakan burung merpati. Zaman mendatang kita bisa menggunakan robot terbang mini pengantar pesanan.(Baca juga: Mahasiswa IPB Berhasil Ciptakan Robot Penyelam

Sejumlah peneliti saat ini sedang menciptakan robot yang nantinya bisa digunakan untuk mengantarkan barang langsung ke tujuannya. Robot ini juga dilengkapi dengan program yang canggih untuk memastikan paket dapat sampai dengan selamat ke tempat yang dituju.

Program pintar ini membuat si robot dapat memonitor kesehatannya sendiri. Robot terbang mini pengantar pesanan tersebut dikatakan dapat mengatasi masalah angin kencang, kekurangan bahan bakar, hingga sejumlah potensi kerusakan sensor yang mungkin terjadi.

Bulan Desember lalu salah satu situs penjualan daring terbesar di dunia, Amazon, mengumumkan bahwa mereka akan segera mengadopsi teknologi ini. Armada robot mini pengantar pesanan tersebut dikabarkan dapat mengantar barang yang Anda beli dalam waktu setengah jam saja.

Untuk dapat memenuhi target waktu yang relatif singkat tersebut tentunya teknologi ini harus dikembangan dengan matang terlebih dahulu. Jangan sampai paket barang yang dikirim justru rusak dalam proses pengiriman.(Baca juga: Quakebot, Robot Reporter untuk Gempa

Ali-akbar Agha-mohammadi, insinyur aeronautika Massachusetts Institute of Technology, mengatakan bahwa robot ini kelak harus bisa memonitor kesehatannya sendiri. Mengantarkan paket pesanan harus dilakukan secara konsisten selama berjam-jam. Oleh karenanya robot ini harus dilengkapi dengan sistem mandiri yang bisa mengatasi sejumlah potensi masalah selama perjalanan (Livescience).