Find Us On Social Media :

Bicara dengan Telepati ala X-Men

By Lila Nathania, Jumat, 5 September 2014 | 12:00 WIB

Bicara dengan Telepati ala X-Men

Intisari-Online.com - Di masa depan bisa jadi kita tak perlu lagi membuka mulut atau mengetik untuk berkomunikasi dengan orang lain. Pasalnya, para peneliti telah temukan cara untuk bicara dengan telepati ala X-Men.

Bagi pecinta film X-Men, mungkin Anda sudah sering berangan-angan dapat berkomunikasi dengan orang lain hanya dengan kekuatan batin seperti yang dilakukan oleh Charles Xavier. Tampaknya imajinasi Anda telah menjadi nyata.

Tim internasional yang terdiri dari sejumlah ahli syaraf dan insinyur robotika berhasil mendemonstrasikan komunikasi langsung antarotak manusia. Dua orang yang terpisah sejauh 8.000 km lebih ini berhasil berkomunikasi dengan perangkat canggih ala X-Men di kepala mereka.

Para peneliti juga menggunakan bantuan teknologi internet untuk dapat bicara dengan telepati ala X-Men. Caranya adalah dengan menempelkan detektor elektroda pada kulit kepala manusia yang bisa membaca arus elektrik di otak. Arus listrik ini kemudian diterjemahkan oleh komputer dan dikirimkan ke komunikan.

Bagaimana cara komputer menerjemahkan pikiran kita? Sebuah kata diterjemahkan dulu menjadi kode biner (sederet angka yang dapat dibaca sebagai huruf oleh komputer) dan dikirimkan ke komunikan. Komunikan kemudian akan menerima serangkaian kilatan cahaya yang bisa diterjemahkan menjadi pesan.

Percobaan bicara dengan telepati ala X-Men ini dilakukan oleh dua orang yang berada di India dan Perancis. Mereka berhasil saling bertukar pesan singkat berbunyi “hola” dan “ciao”. Percobaan kedua kemudian dilakukan di Spanyol dan Perancis. Hasilnya, tingkat kesalahan komunikasi ini hanya 15% saja.

Para peneliti optimis percobaan ini merupakan langkah awal perubahan besar-besaran dalam cara manusia berkomunikasi. Kelak di masa depan kita semua tak perlu berbicara atau mengetik lagi sebab komunikasi bisa dilakukan langsung melalui otak (Sciencedaily).