Find Us On Social Media :

Inilah Potret Penduduk Asli Amerika di Awal Abad Ke-20 Karya Fotografer Edward S. Curtis

By Ade Sulaeman, Selasa, 16 September 2014 | 18:15 WIB

Inilah Potret Penduduk Asli Amerika di Awal Abad Ke-20 Karya Fotografer Edward S. Curtis

Intisari-Online.com - Di akhir 1800-an dan awal abad kedua puluh, fotografer sekaligus etnolog Edward S. Curtis menjadi terkenal berkat foto-foto menakjubkannya mengenai penduduk asli Amerika. Potret penduduk asli Amerika di awal abad ke-20 karya fotografer Edward S. Curtis dianggap lebih dari sekadar karya foto.

Pada 1906, seorang bankir dari Amerika, JP Morgan memberi Curtis AS$75.000 untuk memotret serangkaian foto dari penduduk asli Amerika di seluruh benua tersebut.

Ternyata, Curtis tidak hanya memotret beragam budaya yang ia temui. Dia juga mendokumentasikan dan merekam tradisi dan ritual penduduk asli Amerika yang sedang berupaya melestarikan budaya yang nampaknya mulai menghilang.

Hasilnya adalah sebuahbuku setebal 300 halaman yang diterbitkan pada 1930 menjadi laporan utuh dari potret penduduk asli Amerika di awal abad ke-20 karya fotografer Edward S. Curtis.

Foto karya Curtis menunjukkan keintiman antara fotografer dan subjek serta tingkat kenyamanan yang tinggi dari subjek. Suatu hal yang memungkinkan Curtis untuk memberikan gambaran langsung tentang kehidupan penduduk asli Amerika.

Berikut ini potret penduduk asli Amerika di awal abad ke-20 karya fotografer Edward S. Curtis yang dimuat di juxtapoz.com: