Pesan Tersembunyi di Balik Logo McDonalds (1)

Agus Surono

Penulis

Pesan Tersembunyi di Balik Logo McDonalds (1)

Intisari-Online.com - Sekarang ini di jaman industrialisasi kita dengan mudah menemukan logo-logo, baik logo perusahaan atau logo makanan, di sekitar kita. Bahkan ketika berkendara di jalan tol, mata kita diberondong oleh tampilan logo baik di pinggir jalan atau di atas jalan, menempel jembatan penyeberangan.

Dengan sekilas melihat logo kita bisa langsung berasosiasi dengan produk yang diwakili logo itu. Namun, tahukah Anda bahwa ada pesan-pesan tersembunyi di balik logo itu?

Yuk kita cermati satu per satu.

Vaio

Sekilas terbaca kata VAIO. Namun cermati dengan lebih teliti dan Anda akan menemukan dua abjad pertama mewakili simbol analog dan dua abjad berikutnya merupakan binari.

Baskin Robin

Perhatikan warna pink pada logo. Seperti familian dengan hal itu? Ya, angka 31 merupakan jumlah rasa di Baskin Robin yang ditawarkan ke pembeli.

Mitsubishi

Logo Mitsubishi memiliki sejarah yang panjang. Ia menggabungkan tiga pucuk daun dari Klan Tosa dan pucuk tiga berlian dari keluarga Iwasaki. Tiga berlian mewakili ketahanan, kesatuan, dan kesuksesan. Namun tak hanya itu saja. Kata “Mitsubishi”, menurut Penske Social, sebuah blog automotif, berasal dari “mitsu” (tiga) dan “hishi” (bentuk belah ketupat atau berlian dua dimensi).

Northwest Airlines

Logo ini sesungguhnya memiliki dua pesan tersembunyi. Pertama, logo itu menonjolkan abjad N dan W yang saling menumpuk. Yang kedua, segitiga di dalam lingkaran mengacu ke simbol kompas.

Amazon

Melihat sepintas logo Amazon tentu akan tersedot oleh panah yang seperti menunjukkan wajah tersenyum. Artinya, Amazon ingin membuat pelanggan puas. Namun, lihat dengan teliti lagi. Panah itu menghubungkan abjad “a” dan “z”, yang ingin mengatakan bahwa Amazon menyediakan beragam barang, dianalogikan dari A ke Z.

McDonald’s

Ya, dengan gamblang logo itu terbaca sebagai “M” dari McDonald’s.Tak ada makna lain selain itu. Malahan, makna itu diketahui pelanggan secara tak sengaja, setidaknya itu menurut konsultan desain dan psikolog Louis Cheskin. Pada tahun 1960-an, McDonald’s ingin mengubah logo mereka tapi Cheskin bersikeras mempertahankan lengkung emas itu. Ia menyatakan bahwa pelanggan secara tidak sadar mengenali logo itu sebagai “simbolisasi dari sepasang payudara yang ‘sehat’”. Tak peduli kita secara sadar percaya hal itu atau tidak, Chekin meyakinkan pengelola McD dan sekarang logo ini mennadi salah satu logo yang mudah dikenali di seluruh dunia. (diply.com)