Find Us On Social Media :

Punya Pacar Bikin Hidup Lebih Panjang

By Hyashinta Amadeus Onen Pratiwi, Jumat, 19 September 2014 | 20:15 WIB

Punya Pacar Bikin Hidup Lebih Panjang

Intisari-Online.com Punya pacar bikin hidup lebih panjang, setidaknya jika Anda seorang babon. Ini adalah hasil sebuah studi jangka panjang lebih dari 200 babon betina liar di dataran Kenya Selatan.

Peneliti menemukan babon betina dapat meningkatkan kesehatan mereka dengan mendapatkan pacar. Bersosialisasi dengan babon jantan memberikan dorongan umur lebih panjang daripada bersosialisasi sesama betina.

Sebelumnya pernah dilakukan studi  bahwa babon, tikus, dan lumba-lumba yang bersosialisasi dengan sesama jenis mampu meningkatkan kesehatan mereka. Namun penelitian terbaru menunjukkan bahwa persahabatan lawan jenis pada hewan juga memiliki efek yang sama, bahkan bisa lebih.

Dalam studi yang dipublikasikan dalam Proceedings of the Royal Society, Archie dan empat peneliti lainnya dari Duke University menganalisis catatan harian babon kuning yang tinggal di dekat Gunung Kilimanjaro di Kenya  selama 27 tahun.  Ada banyak cara yang memungkinkan interaksi sosial dapat meningkatkan peluang babon untuk bertahan hidup dan memperpanjang hidupnya.

Archie mengatakan dampak positif interaksi sosial itu antara lain mengurangi stres kronis dan  meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Hewan betina yang bergaul dengan kedua jenis kelamin akan memiliki masa hidup terpanjang.

Bersosialisasi dengan sesama betina memiliki kemungkinan 34% lebih rendah untuk mati dalam periode tertentu. Sementara sosialisasi dengan hewan jantan menurunkan 45% kemungkinan kematian. Angka ini menunjukkan bahwa babon betina akan lebih panjang umurnya ketika bersosialisasi dengan lawan jenis.

Persahabatan hewan betina dan jantan dianggap memberikan perlindungan dan peluang kawin lebih besar. Ukuran babon jantan yang lebih besar membuat babon betina merasa lebih aman dari gangguan teman-teman mereka. Untuk babon, punya pacar bikin hidup lebih panjang. Apakah hal ini juga berlaku untuk manusia? (Dailymail)