Find Us On Social Media :

Biaya India Pergi ke Mars Sembilan Kali Lebih Murah dari Tim Amerika

By Axel Natanael Nahusuly, Kamis, 25 September 2014 | 18:15 WIB

Biaya India Pergi ke Mars Sembilan Kali Lebih Murah dari Tim Amerika

Intisari-Online.com – Pesawat ruang angkasa India telah berhasil tiba di Planet Merah pada Selasa (23/9) lalu. Hebatnya biaya yang dihabiskan India pergi ke Mars sembilan kali lebih murah dari tim Amerika, Mars Atmosphere and Volatile Evolution (Maven).

Tim dari India yang dikenal dengan nama Mangalyaan (MOM) menghabiskan biaya sekitar AS$74 juta atau sekitar Rp880 miliar untuk melakukan misi ke Mars ini. Sedangkan tim Amerika menghabiskan biaya AS$671 juta atau sekitar Rp7,9 triliun.

MOM meluncur dari Satish Dhawan India Space Center pada November 2013, yakni beberapa hari sebelum Maven diluncurkan dari Cape Canaveral Air Force Station di Florida.

Tetapi tim Maven yang tiba di Planet Mars lebih dulu, pada Minggu (21/9). Maven juga sempat mengirimkan tweet ucapan selamat kepada tim MOM setelah mengetahui keberhasilan mereka.

Menurut laporan NBC News, tim MOM dan Maven akan berkolaborasi dalam beberapa bulan ke depan. Di mana Maven akan mempelajari atmosfer Planet Mars. Sedangkan MOM akan memantau cuaca di Mars, sambil mengambil gambar warna permukaan dan memetakan komposisi mineral planet merah ini. (NBC News)