Find Us On Social Media :

Waktu yang Tepat untuk Melihat Blood Moon Hari Ini

By Ade Sulaeman, Rabu, 8 Oktober 2014 | 15:00 WIB

Waktu yang Tepat untuk Melihat Blood Moon Hari Ini

Intisari-Online.com - Fenomena gerhana Bulan total yang disebut juga sebagai Blood Moon akan menyapa wilayah Indonesia pada Rabu (8/10/2014). Fenomena unik lain juga bisa dinikmati, seperti penampakan Uranus dan selenelion, saat Matahari dan Bulan terpisah 180 derajat. Jika Anda ingin melihatnya, inilah waktu yang tepat untuk melihat Blood Moon hari ini.

Berdasarkan informasi BMKG, gerhana akan berlangsung dari pukul 15.14 WIB hingga 20.35 WIB. Sementara, totalitas gerhana akan berlangsung selama 1 jam, mulai pukul 17.24 WIB hingga 18.24 WIB.

Bagi yang berada di Indonesia timur dan ingin menyaksikan seluruh fase gerhana, pengamatan bisa dimulai pada pukul 17.14 WIT. Jika hanya ingin melihat totalitasnya, maka pengamatan bisa dimulai pukul 19.24 WIT.

Sementara bagi yang ada di Indonesia tengah, waktu yang tepat untuk melihat Blood Moon hari ini dimulai dari pukul 16.14 WITA. Sementara, pengamatan totalitas gerhana bisa dimulai pukul 18.24 WITA.

BMKG juga menyuguhkan peta keteramatan gerhana dari berbagai wilayah Indonesia. Hampir semua wilayah Indonesia, kecuali Banda Aceh, bisa melihat totalitas gerhana. Di Aceh, saat Bulan terbit, totalitas gerhana sudah berakhir. (kompas.com)