Find Us On Social Media :

Misteri Kawah di Yamal Peninsula Mulai Dipecahkan

By Axel Natanael Nahusuly, Selasa, 18 November 2014 | 19:45 WIB

Misteri Kawah di Yamal Peninsula Mulai Dipecahkan

Intisari-Online.com – Pada Juli lalu, sebuah kawah misterius telah muncul secara tiba-tiba di wilayah Yamal Peninsula, Siberia. Akhirnya, pada minggu ini, ilmuwan mulai memecahkan misteri kawah di Yamal Peninsula ini.

Para peneliti dari Russian Center of Arctic Exploration memutuskan untuk turun ke dalam kawah misterius dengan menggunakan peralatan pendakian. Kawah misterius itu kira-kira memiliki kedalaman kedalaman sekitar 16,2 meter.

“Kami berhasil turun ke dalam kawah, semua itu berhasil,” kata Vladimir Pushkarev, pemimpin penelitian ini.

Menurut Pushkarev, penelitian ini lebih mudah dilakukan saat musim dingin daripada musim panas, karena tanahnya tidak keras. Dengan begitu mereka bisa menggunakan peralatan pendakian gunung es.

 

Setibanya di bawah kawah, para peneliti menemukan sebuah danau yang kedalamannya diperkirakan sekitar 34,4 kaki atau 10,5 meter.

Selama melakukan penelitian, para peneliti mengambil beberapa sampel es, tanah, gas, dan udara yang ada dalam kawah misterius di wilayah Yamal Peninsula, Siberia tersebut.

 

Dengan data yang mereka dapatkan tersebut, para peneliti akan bekerja untuk memecahkan misteri, bagaimana kawah misterius di Yamal Peninsula bisa terbentuk.

Salah satu teori di balik pembentukan kawah itu adalah mencairnya sejumlah es dibawah tanah. Kemudian gas di bawah tanah terlepas dan menyebabkan ledakan bawah tanah. Salah satu unsure gas itu adalah gas metana yang ditemukan terjebak di bawah lapisan es.

Para ilmuwan berharap data dari penelitian baru-baru ini akan bisa menjelaskan lebih detil misteri terbentuknya kawah di Yamal Peninsula tersebut. (Discovery)