Find Us On Social Media :

Fakta-fakta Sejarah Mengejutkan yang Akan Mengubah Konsep Waktu Kita

By Ade Sulaeman, Selasa, 10 Maret 2015 | 19:45 WIB

Fakta-fakta Sejarah Mengejutkan yang Akan Mengubah Konsep Waktu Kita

Intisari-Online.com - Suatu fase sejarah di suatu tempat nyatanya tidak selalu sama dengan tempat lain. Namun, jika kita menggambarkannya sama di semua tempat maka 4 fakta sejarah mengejutkan ini akan mengubah konsep waktu kita.

1. Harvard University didirikan sebelum kalkulus diciptakan.

Didirikan pada tahun 1636, Harvard adalah institusi pendidikan tinggi tertua di AS. Namun, saat masih di tahun-tahun awal, kampus ini tidak memiliki kelas kalkulus. Hal ini bukan disebabkan karena ketiadaan pengajar, akan tetapi karena kalkulus memang belum ditemukan. Kalkulus ditemukan di akhir abad ke-17, yaitu lewat publikasi “Nova Methodus oleh Gottfried Leibniz pada 1684 dan "Principia" oleh Isaac Newton pada 1687.

2. Piramida Giza dibangun pada zaman mammoth berbulu masih hidup.

Berdasarkan fakta sejarah yang sering dipaparkan, mammoth berbulu terakhir mati sekitar 1700 SM di Pulau Wrangel, Russia. Sebuah zaman yang terasa sangat amat tua tentunya dan kadang dianggap belum ada keberadaan manusia. Nyatanya Piramida Giza di Mesir dibangun diperode yang sama, yaitu sekitar 4000 tahun yang lalu. Bahkan ada klaim bahwa Giza didirikan lebih tua dari itu.

3. Toko perhiasan Tiffany & Co didirikan sebelum Italia menjadi sebuah negara.

Jenderal Giuseppe Garibaldi baru secara resmi berkampanye dan mengumpulkan para pemipin kota di Roma untuk menjadi sebuah negara pada 1861. Nyatanya, saat mereka masih bersusah payah menyatukan Italia, Charles Lewis Tiffany and John B. Young mendirikan toko perhiasan Tiffany & Young pada 1837 yang kemudian menjadi Tiffany & Co. pada 1853.

4. Perancis masih menggunakan guillotine ketika film "Star Wars" diluncurkan.

Terakhir kali guillotine digunakan sebagai bentuk eksekusi di Perancis adalah pada 1977. Itu menjadi akhir berfungsinya alat mematikan yang sudah digunakan selama dua abad. Apakah masa saat guillotine digunakan terasa sangat tua? Nampaknya pikiran tersebut harus diubah karena pada 1977 pula film Star Wars pertama dirilis.

Itulah 4 fakta sejarah mengejutkan ini akan mengubah konsep waktu kita.

(huffingtonpost.com)