Find Us On Social Media :

Kegunaan Warna Hologram pada Serangga

By Lila Nathania, Selasa, 21 April 2015 | 18:45 WIB

Kegunaan Warna Hologram pada Serangga

Intisari-online - Perhatikanlah warna-warna serangga yang begitu memikat. Bahkan lalat rumah sekalipun memiliki warna yang tidak sekedar hitam polos pada tubuhnya. Sudah tahukah Anda apa kegunaan warna hologram pada serangga?

Burung kolobri memiliki tenggorokan berwarna rubi, kumbang scarab berpunggung seperti batu mulia, dan ikan-ikan di laut memiliki berjuta warna. Ternyata selain untuk menarik kaum betina (bagi hewan jantan), ternyata warna-warna tersebut memiliki makna lain.

Warna hologram pada hewan sebenarnya berfungsi untuk mengecoh mangsa. Warna hologram yang dimaksud adalah warna yang bisa berubah-ubah tergantung sudut penglihatan Anda serta bagaimana warna tersebut ditimpa cahaya. Perubahan fantastis ini bisa terjadi dalam satu kedipan mata saja.

Dalam studi yang dimuat dalam Biology Letters, disebutkan bahwa kemampuan tersebut membuat predator kesulitan menentukan titik fokus mangsanya bila mereka sedang melarikan diri. Untuk membuktikan dugaan tersebut, para ahli membuat sebuah percobaan sederhana.

Tujuh burung predator dilepaskan untuk menangkap seekor lalat. Ada dua model lalat yang digunakan; lalat dengan warna hologram dan lalat dengan warna kelabu biasa. Hasilnya, burung-burung tersebut bisa menangkap lalat kelabu kurang dari tiga kali percobaan. Akan tetapi lalat berwarna hologram baru bisa ditangkap rata-rata setelah empat kali percobaan.

Penemuan tersebut membuat peneliti yakin akan kegunaan warna hologram pada serangga. Ternyata memang warna tersebut berfungsi sebagai mekanisme anti predator alami (Iflscience).