Find Us On Social Media :

Terungkapnya Misteri Dengung Bumi

By Ade Sulaeman, Senin, 20 April 2015 | 18:00 WIB

Terungkapnya Misteri Dengung Bumi

Intisari-Online.com - Sudah puluhan tahun para peneliti mencoba mengungkap asal dari suara yang menyerupai dengung yang biasanya berlangsung selama berbulan-bulan. Hingga akhirnya seorang pakar oseanografi, Fabrice Ardhuin bermasuk mengungkap misteri dengung Bumi tersebut.

Ardhuin yang berasal dari French Research Institute for Exploitation of the Sea mengungkap misteri tersebut menggunakan pemodelan komputer.

Tabrakan dua gelombang besar di lautan yang menghasilkan gelombang seismik kecil yang berlangsung selama 13 detik, merujuk hasil penelitian Ardhuin, merupakan penyebab munculnya dengung Bumi.

Begitu juga dengan gelombang yang pelan di dasar laut bisa menghasilkan gelombang seismik dengan frekuensi 13-300 detik. Sebagian besar dengung berasal dari gelombang ini.

"Menurut saya, hasil penelitian kami adalah langkah penting dalam transformasi suara misterius Bumi menjadi sinyal yang bisa dijelaskan," ungkap Ardhuin seperti dikutip Livescience, Selasa (14/4/2015).

Gelombang seismik yang menghasilkan dengung Bumi terus berlangsung sepanjang waktu, walaupun tak ada gempa. Fenomena itu disebut aktivitas mikroseismik.

Ilmuwan mengatakan, terungkapnya misteri tentang dengung Bumi akan membantu mengungkap lebih banyak teka-teki tentang struktur Bumi. Hasil penelitian ini dipublikasikan di jurnal Geophysical Research Letter.

Sebenarnya hasil penelitian tersebut mirip dengan temuan para peneliti lain yang menyatakan bahwa suara tersebut berasal dari gelombang besar samudra di dasar laut. Para peneliti sebelum Ardhuin tersebut menganggap gelombang tersebut dapat mengaduk lautan, menggoyang benua, hingga menghasilkan bunyi dengung.

(kompas.com)