Find Us On Social Media :

The Hobbit Flores, Kerangka Manusia Mini di Indonesia (2)

By Monalisa Darwin D, Kamis, 30 April 2015 | 11:00 WIB

The Hobbit Flores, Kerangka Manusia Mini di Indonesia (2)

Intisari-Online.com - Seperti namanya, The Hobbit Flores ditemukan di Pulau Flores, Indonesia pada tahun 2004 oleh gabungan arkeolog Indonesia dan Australia. The Hobbit Flores merupakan kerangka manusia mini yang memiliki tinggi sekitar satu meter dengan berat 25 kg. Nama “The Hobbit” dijuluki seperti nama makhluk kecil dalam novel serta film The Lord of The Rings.--- 

Warga pun menipu Ebu Gogo dengan memasukkan serat kelapa ke dalam gua lalu membakarnya. Sebagian Ebu Gogo berhasil melarikan diri ke arah barat dan keturunannya bertahan hidup hingga ratusan tahun yang lalu di Liang Bua. Tempat itulah yang menjadi tempat penemuan kerangka manusia mini, The Hobbit Flores.

Lalu, apakah benar The Hobbit Flores adalah Ebu Gogo seperti yang menjadi legenda masyarakat Flores? Belum ada jawaban pasti hingga saat ini. Tetapi, para ahli percaya bahwa Ebu Gogo hanyalah makhluk dalam kisah legenda seperti peri-peri.

Selain itu, kemungkinan lainnya yang dikatakan ahli, Ebu Gogo adalah hewan cryptozoology karena menurut legenda yang ada, Ebu Gogo dapat memanjat pohon ramping dan tidak pernah terlihat memegang peralatan batu atau sejenisnya. Pada kenyataannya, di lokasi penemuan The Hobbit Flores, yaitu Liang Bua justru terdapat peralatan batu.

Penemuan The Hobbit Flores, kerangka manusia mini di Indonesia pun masih belum diketahui tentang kebenarannya dan The Hobbit Flores ini termasuk salah satu benda purba misterius di dunia.