Find Us On Social Media :

10 Mamalia yang Punah dalam Dua Abad Terakhir (2)

By Lila Nathania, Senin, 4 Mei 2015 | 10:00 WIB

10 Mamalia yang Punah dalam Dua Abad Terakhir (2)

Intisari-Online.com - Banyak spesies hewan yang telah punah sebelum sempat tercatat oleh manusia. Penyebab utamanya adalah karena intervensi manusia yang merusak habitat mereka atau perburuan secara berlebihan. Inilah daftar 10 mamalia yang punah dalam dua abad terakhir.

6. Syrian Wild Ass (punah tahun 1926)

Satwa unik ini memiliki kemampuan mengubah warna kulit sesuai perubahan musim. Saat musim panas kulit Equus hemionus hemippus berwarna zaitun coklat sementara saat musim dingin kulitnya berubah menjadi kuning pucat. Spesies kuda terkecil di dunia ini tidak bisa dijinakkan dan dipelihara. Syrian Wild Ass terakhir punah di Kebun Binatang Vienna, Austria.

7. Singa Berber (punah tahun 1960)

Barbary Lion atau Panthera leo leo adalah jenis singa yang memiliki rambut lebih panjang dan berwarna gelap dibandingkan singa lainnya. Ukuran tubuhnya pun bisa mencapai 3,25 meter, lebih besar dari singa biasa yang berukuran 2,8 meter. Beberapa singa berber terakhir mati karena diburu oleh pemburu di kawasan Maroko.

8. Bison Kaukasus (punah pada tahun 1927)

Bison bonasus caucasicus adalah bison Eropa yang menghuni pegunungan Kaukasus. Habitat hewan ini rusak dan populasinya berkurang drastis pada abad ke-19. Hewan ini banyak diburu oleh manusia dan tiga bison terakhir ditembak mati pada tahun 1927.

9. Rusa Schomburgk (punah tahun 1932)