Find Us On Social Media :

Fakta-fakta Menarik tentang Bulan yang Wajib Diketahui: Kualitas Tidur Manusia Amat Buruk Saat Bulan Purnama

By Ade Sulaeman, Jumat, 8 Mei 2015 | 18:15 WIB

Fakta-fakta Menarik tentang Bulan yang Wajib Diketahui: Kualitas Tidur Manusia Amat Buruk Saat Bulan Purnama

Intisari-Online.com - Jika malam ini sedang cerah, maka kita, di Indonesia, akan melihat bulan yang bersinar terang, meski bukan bulan purnama (permukaan bulan yang terlihat hanya 88%). Nah, selain indah, ternyata ada beragam fakta menarik tentang bulan yang wajib diketahui.

10. Ukuran bulan kita lebih besar dari Pluto, namun tetap hanya 1/4 diameter Bumi. Diameter bulan “hanya” 3.474 km.

11. Sebuah penelitian menemukan bahwa orang mengalami tidur yang lebih baik saat bulan baru dan tidur lebih buruk saat bulan purnama. Penelitian tersebut dilakukan oleh University of Basel, Swiss Federal Institute of Technology dan Switzerland Centre for Sleep Medicine.

12. Dari enam bendera Amerika Serikat yang ditanam di Bulan saat Apollo 11 mendarat di bulan, lima diantaranya masih bediri hingga kini.

13. Berat badan kita saat berada di Bulan adalah hanya 16,5% dari berat badan kita saat berada di Bumi. Hal ini disebabkan gravitasi Bulan yang lebih kecil dibanding Bumi.

14. Jika ada dua Bulan purnama dalam satu bulan yang sama, maka yang kedua disebut bulan biru. Istilah “Bulan biru” tersebut tidak selalu berarti bulan akan berwarna biru.

15. Bendera-bendera Amerika Serikat yang ditempatkan di Bulan sekarang berwarna putih karena pengaruh paparan radiasi dari matahari.

16. Buzz Aldrin adalah orang pertama yang kencing di bulan. Astronot terbang bersama Neil Armstrong, manusia pertama yang mendarat di Bulan, tersebut ikut serta dalam pendaratan Apollo 11 di Bulan.

17. Biaya dan waktu yang dihabiskan untuk mengirim seorang pria ke Bulan sama dengan biaya dan waktu yang dihabiskan untuk menemukan Osama Bin Laden, yaitu AS$100 miliar dan 10 tahun.

18. Saat kita melihat Bumi dari Bulan, maka kita akan melihat Bumi seolah-olah mengalami fase yang sama dengan Bulan, bulan baru – bulan sabit – bulan purnama – bulan sabit – bulan baru.

Itulah sembilan fakta menarik tentang bulan yang wajib diketahui.