Find Us On Social Media :

Enzim Super yang Bisa Mengubah Golongan Darah Apapun Sesuai Keinginan Kita

By Lila Nathania, Senin, 11 Mei 2015 | 12:00 WIB

Enzim Super yang Bisa Mengubah Golongan Darah Apapun Sesuai Keinginan Kita

Intisari-online - Selama ini kita harus memberi atau menerima donor darah yang serupa. Akan tetapi dengan adanya enzim super yang bisa mengubah golongan darah apapun sesuai keinginan kita ini mulai sekarang kita tak perlu repot-repot lagi.

Dulu bila kita mengalami kecelakaan dan membutuhkan darah, dibutuhkan donor yang memiliki jenis serupa. Akan tetapi baru-baru ini para peneliti asal Universitas British Columbia berhasil menemukan solusi jitu untuk masalah ini.

Pada dasarnya semua jenis darah bisa menerima golongan darah O. Karena itulah peneliti membuat sebuah enzim yang bisa mengubah golongan darah apapun menjadi O. Ide untuk mengubah golongan darah sendiri sebenarnya sudah ada sejak tahun 1980an. Akan tetapi pada saat itu belum ada teknologi yang cukup untuk mewujudkannya.

Dalam setiap jenis darah sebenarnya terdapat antigen A dan B yang berada pada permukaan sel darah merah. Kombinasi antigen inilah yang menentukan golongan darah apa yang Anda miliki. Ada golongan darah yang memiliki salah satu, keduanya, atau tidak memiliki sama sekali.

Dengan adanya enzim super yang bisa mengubah golongan darah apapun sesuai keinginan ini kedua jenis antigen tersebut bisa dimodifikasi. Jadi jenis darah apapun akhirnya akan bisa diterima oleh semua orang.

Meski penemuan ini sudah sangat maju, para peneliti masih belum bisa melakukan transfusi darah normal dengan darah hasil modifikasi ini. Pasalnya, masih ada sedikit residu antigen yang belum hilang dari darah hasil modifikasi tersebut. Sistem kekebalan tubuh manusia sendiri sangat kuat sehingga kehadiran antigen asing seperti ini jelas akan ditolak oleh sistem imun (Iflscience).