Find Us On Social Media :

Cherax Pulcher, Spesies Udang Karang Tercantik yang Hampir Punah Ditemukan di Indonesia

By Lila Nathania, Minggu, 24 Mei 2015 | 18:45 WIB

Cherax Pulcher, Spesies Udang Karang Tercantik yang Hampir Punah Ditemukan di Indonesia

Intisari-Online.com - Sudah bukan rahasia bahwa Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang begitu memesona. Salah satunya yaitu Cherax pulcher, spesies udang karang tercantik yang ditemukan di Indonesia.

Spesies Cherax pulcher ini ditemukan oleh seorang peneliti asal Jerman. Udang karang sendiri merupakan saudara sepupu dari udang dan lobster. Cherax pulcher baru-baru ini didapuk sebagai salah satu spesies udang karang tercantik di dunia.

Dengan cangkang yang berwarna-warni, hewan endemik Indonesia ini memang begitu memikat. Bagian capitnya berwarna gradasi biru gelap hingga biru muda. Warna biru ini bergradasi menjadi ungu dan merah muda pada bagian kepala hingga ekor. Sekujur tubuh Cherax pulcher juga dihiasi oleh bintik-bintik putih yang cantik. Secara keseluruhan, kecantikan Cherax pulcher disamakan dengan gugusan galaksi luar angkasa.

Meski kita sebagai warga Indonesia perlu berbangga dengan spesies yang satu ini, ternyata ada kisah menyedihkan di balik keindahan cangkang Cherax pulcher. Udang karang cantik ini ternyata sudah bertahun-tahun diperdagangkan sebagai hewan eksotik. Tetapi, selama ini tak pernah ada yang mengetahui asal hewan ini.

Akhirnya orang yang berhasil melacak asal Cherac pulcher adalah peneliti Jerman bernama Christian Lukhaup. Saat ini sejumlah pihak sudah mulai mengkhawatirkan nasib spesies ini. Lukhaup berkata bahwa hewan cantik ini bisa punah apabila tidak segera dilindungi dari tangan-tangan kolektor yang terpikat pada keindahannya (BoredPanda).