Find Us On Social Media :

10 Fakta Bintang Laut (2)

By Monalisa Darwin D, Sabtu, 6 Juni 2015 | 12:00 WIB

10 Fakta Bintang Laut (2)

Intisari-Online.com - Bintang laut merupakan salah satu hewan yang indah dan memiliki banyak macam warna, ukurang, serta bentuk (yang hampir semuanya mirip bintang). Mereka memiliki tubuh yang halus dengan duri-duri di atas permukaan badannya yang lembut. Di bagian bawah tubuh, mereka memiliki kaki tabung yang akan bergerak-gerak jika kita balikkan badannya. Hewan laut ini juga menjadi ikon yang menarik. Yuk, kita cari tahu 10 fakta tentang bintang laut!

6. Bintang laut dilindungi “baju besi”

Ini maksudnya adalah, kulit tubuh bintang laut yang kasar atau sedikit berduri, namun tidak semua spesies memiliki kulit tubuh seperti ini. Bagian atas bintang laut merupakan penutup yang keras, terdiri dari kalsium karbonat dengan duri kecil pada permukaannya. Ini juga dapat digunakan dalam melindungi diri ketika predator datang mengancam.

7. Bintang laut tidak memiliki darah

Bintang laut memang tidak memiliki darah, mereka memiliki sistem vaskular air. Itu artinya, bintang laut memompa air laut melalui saringan piring atau lempeng.

8. Bintang laut bergerak menggunakan kaki tabung mereka

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bintang laut bergerak dengan kaki tabungnya yang berjumlah hingga ratusan. Kaki tabung mereka berisi air laut dan bintang laut bergerak lebih cepat dari yang kita bayangkan. Kaki tabung itu juga digunakan bintang laut untuk memegang mangsa mereka.

9. Bintang laut makan dengan perut mereka

Mulut bintang laut berada di bawah tubuh mereka, sehingga ketika mereka memangsa (seperti kerang dan tiram), maka mereka akan mendorong perut mereka masuk ke dalam cangkang kerang yang sebelumnya dibuka dengan lengan mereka.

10. Bintang laut memiliki mata

Bintang laut memiliki mata yang terletak di ujung setiap lengannya. Mata mereka memang tidak bisa melihat dengan sangat detail, namun dapat merasakan terang atau gelap.

Itulah 10 fakta bintang laut yang mungkin belum kita ketahui sebelumnya. Menarik, bukan? (about.com)