Find Us On Social Media :

Cherax Pulcher , Lobster Paling Cantik di Dunia dari Indonesia

By Moh Habib Asyhad, Senin, 15 Juni 2015 | 18:00 WIB

Cherax Pulcher , Lobster Paling Cantik di Dunia dari Indonesia

Intisari-Online.com - Perkenalkan: Cherax pulcher, lobster paling cantik di dunia dari Indonesia. Para ilmuwan menganggapnya sebagai spesies baru, padahal jika ditilik lebih jauh lagi, lobster yang bisa ditemukan di beberapa wilayah di Papua ini sudah menjadi komoditas perdagangan sejak 10 tahun yang lalu.

Cerita bermula dari seorang ilmuwan Jerman bernama Christian Lukhaup saat melihat foto hasil jepretan salah seorang temannya. Tak lama berselang, ia kembali melihat lobster itu di toko hewan peliharaan. Lukhaup awalnya tak mengetahui asal lobster itu sebab ketika bertanya kepada para pedagang, rata-rata dari mereka pun tak mengetahui atau sengaja menyembunyikan.

Lukhaup lantas melakukan penelitian—yang ia sebut sebagai “seperti melalukan investigasi kasus krimina”. Ia melakukan analisis awal terhadap jenis lobster itu. Ia tahu bahwa makhluk cantik itu merupakan anggota dari genus Cherax. Setelah bertanya ke sana dan ke mari, akhirnya ia mendapatkan informasi bahwa lobster itu berasal dari Papu, Indonesia.

Lukhaup pun pergi ke Papua, tepatnya wilayah Kepala Burung Papua. Di sana, ia bertanya kepada penduduk lokal tentang lobster yang membuatnya jatuh cinta itu. Ia pun menjelajahi wilayah perairan setempat.

Saat tiba di wilayah Hoa, Teminabuan, Kepala Burung Papua, ia berhasil menemukan lobster targetnya. Ia lalu membandingkannya dengan sejumlah spesies Cherax lainnya, termasuk Cherax boesemani, yang secara morfologi sangat mirip dengan lobster jenis baru ini.

Dari situ disimpulkan; berdasarkan ukuran, pola warna, serta karakteristik capitnya, lobster air tawar itu merupakan spesies baru. Ia jenis baru—secara taksonomi.

Lukhaup lantas menamai lobster itu dengan Cherax pulcher. “Pulcher” berasal dari bahasa Latin yang berarti cantik. “Saya pikir ini salah satu lobster paling cantik,” kata Lukhaup.

Inilah Cherax pulcher, lobster paling cantik di dunia dari Indonesia!