Find Us On Social Media :

Setelah 100 Tahun, Spesies Laba-Laba Hypsosinga heri yang Sudah Punah Hidup Lagi

By Moh Habib Asyhad, Selasa, 16 Juni 2015 | 18:00 WIB

Setelah 100 Tahun, Spesies Laba-Laba Hypsosinga heri yang Sudah Punah Hidup Lagi

Intisari-Online.com - Spesies laba-laba yang dianggap telah punah memutuskan untuk “bangkit lagi dari kematian”. Setelah 100 tahun, spesies laba-laba Hypsosinga heri yang sudah punah hidup lagi.

Laba-laba betina itu ditemukan (kembali) oleh sekelompok relawan perlindungan burung Royal Society for the Protection of Birds (RSPB) yang tengah melakukan survei kupu-kupu di Radipole Lake Nature Reserve, di Weymouth, Dorset, Inggris bagian selatan.

Laba-laba berwarna kuning-kemerahan itu merupakan salah satu spesies laba-laba yang sangat langka. Keberadaannya hanya pernah dicatat sebanyak dua kali di Inggris, dan tidak pernah menampakkan batang hidungnya sejak 1912.

Bahkan, nama spesies laba-laba ikonik itu hampir saja terlupakan di Inggris sampai akhirnya tiga warga bermata elang, Allan Neilson, Sara Cookson, dan Jacquie Rayner, mengidentifikasinya.

“Butuh beberapa saat (untuk mengidentifikasinya), tapi kami senang bahwa laba-laba itu telah dikonfirmasi sebagai Hypsosinga heri—atau Harriet seperti yang biasa disebut orang-orang setempat,” ujar Neilson dilansir Metro.co.uk.

Dua betina selanjutnya juga terlihat di Weymouth dan dalam beberapa hari terakhir kelompok kedua telah ditemukan di Lodmoor, juga di Inggris bagian selatan.