Find Us On Social Media :

Inilah Beberapa Mamalia Terbesar di Dunia (2)

By Monalisa Darwin D, Minggu, 21 Juni 2015 | 15:00 WIB

Inilah Beberapa Mamalia Terbesar di Dunia (2)

Intisari-Online.com - Mamalia merupakan salah satu jenis hewan yang ada di bumi. Banyak hewan yang tergolong ke dalam jenis mamalia, seperti gajah, paus, dan kuda nil. Namun, apakah kita tahu apa saja hewan mamalia terbesar yang ada di dunia?

6. Sirenia terbesar

Manate atau ikan duyung India Barat merupakan sirenia terbesar yang hidup. Terdapat dua subspecies manate India Barat, yaitu Manate Florida dan Manate Karibia.

7. Primata terbesar

Primata terbesar yang pernah hidup adalah gorilla dataran rendah timur. Mereka memiliki berat 440 pon dan tinggi mencapai lima setengah kaki. Dibandingkan gorila jenis lain, gorila dataran rendah timur ini memiliki postur yang lebih pendek dan gempal. Gorila dewasa biasanya menghabiskan makanan bahan tanaman setiap harinya sebanyak 40 pon.

Spesies ini tinggal di dataran renda dan hutan pegunungan di timur Republik Deomcratic Kongo. Gorila jenis ini pun sekarang terancam punah karena banyaknya perburuan dan perusakan habitat.

8. Marsupial terbesar

Marsupial atau hewan berkantung terbesar adalah kanguru merah. Berat kanguru merah dapat mencapai 200 pound dan panjangnya lima setengah kaki. Kanguru merah jantan biasanya memiliki berat badan dua kali dari kanguru betina.

9. Rodent terbesar

Spesies ini adalah hewan jenis pengerat atau tikus. Kapibara adalah hewan rodent yang pernah hidup terbesar di dunia. Kapibara merupakan mamalia semi-akuatik yang menghuni sebagian besar Amerika Selatan dan hidup di hutan yang lebat dekat dengan danau, kolam, sungai, serta rawa-rawa.

10. Lagomorph terbesar

Logomorph terbesar yang hidup di dunia adalah kelinci Eropa. Kelinci ini merupakan hewan asli kepulauan Inggris, Eropa Barat, Timur Tengah, dan Asia Tenggara. Biasanya mereka berwarna kuning-cokelat ke abu-abuan serta memiliki telinga yang panjang dan ekor yang berwarna hitam-putih.

Nah, itulah spesies dari mamalia terbesar yang hidup di dunia. (about.com)