Find Us On Social Media :

Setelah Tahu Bakteri ini, Anda tak Akan Masuk ke Rumah dengan Sepatu Lagi

By Lila Nathania, Minggu, 5 Juli 2015 | 17:00 WIB

Setelah Tahu Bakteri ini, Anda tak Akan Masuk ke Rumah dengan Sepatu Lagi

Intisari-Online.com - Bagi sebagian dari Anda, masuk ke rumah dengan sepatu mungkin merupakan hal yang biasa. Namun setelah tahu bakteri ini, Anda tak akan masuk ke rumah dengan sepatu lagi.

Peneliti dari University of Houston baru-baru ini menemukan bahwa 40% ambang pintu rumah dan 39% sol sepatu manusia ternyata terkontaminasi bakteri C. difficilie.Bakteri ini adalah salah satu jenis yang sulit disembuhan dan beberapa turunannya bahkan kebal terhadap antibiotik.

Jika Anda terinfeksi oleh C. diff, penyakit diare parah akan datang. Pada beberapa kasus diare ini bahkan bisa berujung pada pembengkakan usus besar. Hasil penelitian ini sekarang sudah dipublikasikan pada New England Journal of Medicine.

Menurut laporan, saat ini di seluruh dunia setiap tahun ada setengah juta orang yang terinfeksi cakteri C.diff. Memang sebagian besar bakteri ini ditularkan di rumah sakit. Namun 35% sisanya terjadi di berbagai tempat lain.

Jadi, apa hubungannya antara sepatu dan bakteri ini? Ternyata sol sepatu sangat sering terkontaminasi oleh bakteri dari berbagai tempat. Karena itulah ambang pintu rumah adalah tempat yang paling sering menyimpan bakteri C.diff dibandingkan tempat lainnya di rumah.

Mulai saat ini, biasakan utuk melepas sepatu sebelum masuk ke rumah. Anda tentu tak mau seisi rumah tercemar oleh bakteri ini, bukan? (Yahoo)