Find Us On Social Media :

Beberapa Hal yang Bisa Kita Lakukan untuk Melindungi Satwa Liar (1)

By Monalisa Darwin D, Minggu, 12 Juli 2015 | 13:00 WIB

Beberapa Hal yang Bisa Kita Lakukan untuk Melindungi Satwa Liar (1)

Intisari-Online.com - Berbicara tentang satwa liar, kita sering mendengar kasus mengenai banyaknya spesies yang hilang dan perusakan habitat. Tidak mudah tentunya untuk kita yang ingin membantu karena masalah yang begitu kompleks. Namun, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk melindungi satwa liar, walaupun tindakan tersebut sangat kecil pengaruhnya.

1. Melindungi habitat satwa liar

Salah satu ancaman terbesar yang dihadapai satwa liar adalah rusaknya habitat mereka, seperti banyaknya penebangan hutan, erosi, dan perubahan iklim. Tidak sedikit pula orang-orang yang tidak bertanggung jawab menggunakan lahan yang merusak hingga menghilangkan habitat satwa liar. Ketika habitat rusak, maka spesies hewan akan punah.

2. Bergabung dengan organisasi pelestarian satwa liar

Ada banyak organisasi yang bergerak dalam pelestarian satwa liar, baik dari habitat maupun spesies hewan tertentu. Dengan bergabung ke dalam organisasi pelestarian satwa liar, kita akan mendapatkan banyak manfaat positif serta ikut berpartisipasi dalam upaya melindungi spesies dan habitat satwa liar. Kesempatan yang besar yang bisa diikuti adalah menjadi relawan dalam sebuah program yang ditawarkan organisasi terkait.

3. Mengurangi ancaman spesies invasif

Penyebaran spesies tidak asli atau pendatang nyatanya mempengaruhi populasi asli sebuah spesies di seluruh dunia. Spesies pendatang akan bersaing dengan spesies asli untuk mendapatkan sumber daya dan habitat. Sebagian spesies pendatang bahkan dapat memangsa spesies asli yang kemudian menyebabkan kepunahan. Salah satu cara sederhana yang bisa kita lakukan adalah dengan menggabungkan tanaman asli di kebun rumah kita untuk mendatangkan hewan spesies asli di kebun atau tanaman.