Find Us On Social Media :

Akhirnya, Ilmuwan NASA Umumkan Penemuan Planet Paling Mirip dengan Bumi

By Moh Habib Asyhad, Jumat, 24 Juli 2015 | 16:30 WIB

Akhirnya, Ilmuwan NASA Umumkan Penemuan Planet Paling Mirip dengan Bumi

Intisari-Online.com - Setelah sebelumnya mempublikasikan teaser akan adanya pengumuman tentang bumi yang lain, para ilmuwan NASA telah menemukan Planet paling mirip dengan Bumi. Letaknya sekitar 1400 tahun cahaya dan mengorbit di sebuah bintang mirip Matahari. Para ilmuwan itu menyebutnya sebagai “sepupu Bumi”.

Planet yang baru ditemukan bernama Kepler-452b. Ia merupakan planet terkecil yang pernah ditemukan mengorbit di zona habitasi bintang G2-type, seperti Matahari kita. Penemuan Kepler-425b menambah jumlah planet yang mirip dengan Bumi yang berhasil dikonfirmasi menjadi 1.030 planet. Tapi ini adalah yang paling mirip dengan Bumi.

“Hasil yang menarik, membawa kita ke satu langkah lebih dekat untuk menemukan sebuah Bumi 2.0,” ujar Dr. John Grunsfeld, administrator asosiasi Science Mission Direcotorate milik NASA, di Washington D.C.

Kepler-452b berukuran 60% lebih besar dari diameter Bumi. Hingga kini, para ilmuwan belum menentukan masa dan komposisinya, tapi ada kemungkinan planet ini berbatu. Planet ini sekitar 5% lebih jauh dari bintang induknya daripada Bumi dari Matahari.

  

“Ini adalah yang paling dekat, bahwa kita punya planet lain yang sangat mirip dengan Bumi,” tambah John Jenkins, kepala analis data Ames Research Center NASA, dalah sebuah telekonferensi. Jenkins sendiri adalah pemimpin tim penemu Kepler-452b.

Bintang induk planet, bernama Kepler-452, tampaknya 1,5 miliar tahun lebih tua dibanding Matahari kita. Ia memiliki suhu yang sama seperti Matahari tapi 20% lebih terang dan 10% lebih besar diameternya.

 

“Ini menunjukkan untuk mempertimbangkan bahwa planet ini telah menghabiskan 6 miliar tahun di zona habitasi bintang; lebih lama dari Bumi,” kata Jenkins dalam pernyataan tertulis. “Ini kesempatan besar bagi kehidupan untuk bangkit, semua bahan dan kondisi kehidupan ada di planet ini.”

Sebelum penemuan Kepler-452b, planet yang mirip dengan Bumi adalah Kepler-186F. Selain menemukan Kepler-452b, tim Kepler juga telah mengidentifikasi 521 benda langin yang berpotensi menjadi planet, sehingga jumlah kandidat planet hasil misi Kepler menjadi 4696 planet.