Find Us On Social Media :

Arkeolog Yunani Menemukan Reruntuhan Istana Yunani Kuno Abad 17 SM, Diduga Peninggalan Masa Mykenai

By Moh Habib Asyhad, Rabu, 26 Agustus 2015 | 15:00 WIB

Arkeolog Yunani Menemukan Reruntuhan Istana Yunani Kuno Abad 17 SM, Diduga Peninggalan Masa Mykenai

Intisari-Online.com - Sekelompok arkeolog baru saja menemukan reruntuhan istana Yunani Kuno, lokasinya tidak jauh dari Sparta, Yunani (bersama Athena, Sparta adalah kota terpenting di masa Yunani Kuno.) Kementerian Kebudayaan setempat menyebut istana itu berasal dari masa Mykenai.

Istana yang kemungkinan dibangun pada abad 17 – 16 SM itu memiliki sekitar 10 kamar. Tak hanya itu, di lokasi tersebut, para arkeolog juga menemukan beberapa benda untuk keperluan ibadah, patung-patung yang terbuat dari tanah liat, cangkir yang dihiasi dengan kepala banteng, pedang, juga fragmen mural.

Sejak 2009, penggalian di wilayah tersebut telah menemukan prasasti, berupa naskah yang disebut Linear B. Naskah itu berisi perincian tentang tata cara keagamaan, nama-nama, dan tempat-tempat. Para arkeolog percaya Linear B adalah naskah tertua yang pernah ditemukan di Eropa.

Naskah itu diperkirakan pertama kali muncul di Kreta sekitar 1375 SM dan baru berhasil diuraikan di pertengahan abad 20.

Penemuan istana terbaru tersebut memungkinkan untuk meneliti kondisi politik, administrasi negara, organisasi ekonomi, dan sosial kemasyarakatan. Tak hanya itu, penemuan tersebut memberi informasi perihal keyakinan juga sistem bahasa yang digunakan masyarakat Mykenai. Oleh sebab itu, penelitian ini menjadi sangat penting.

Menurut Kementerian Kebudayaan setempat, lebih dari 150 penggalian arkeologi telah dilakukan di Yunani sepanjang tahun ini. “Ini menunjukkan pentingnya kekayaan arkeologi dan warisan budaya sebuah negara,” terang kementerian tersebut dalam sebuah pernyataan resmi.