Find Us On Social Media :

Makin Sering Nonton TV, Makin Jelek Nilai Ujian

By Lila Nathania, Minggu, 6 September 2015 | 16:00 WIB

Makin Sering Nonton TV, Makin Jelek Nilai Ujian

Intisari-Online.com – Kita semua tentu tahu televisi memiliki dampak sangat buruk bagi semua orang, terutama anak-anak. Penelitian terbaru membuktikan bahwa makin sering nonton TV, makin jelek nilai ujian.

Anak yang sering menonton tv ternyata tidak banyak melakukan aktivitas fisik. Menonton televisi sudah sering dikaitkan dengan obesitas, namun studi terbaru menunjukkan bahwa efek buruk TV bukan hanya itu. Banyak menonton TV ternyata membuat anak menjadi bodoh.

Para peneliti melakukan penelitian terhadap 845 remaja berumur 14 tahun. Mereka diteliti selama kurang lebih dua tahun dan dilihat kebiasaan sehari-harinya. Setiap hari anak-anak ini dilihat berapa lama menghabiskan waktu menonton TV, bermain games, dan online di media sosial.

Semua anak yang melakukan tiga kegiatan tersebut ternyata memiliki nilai buruk di bidang akademik. Walau anak-anak ini memiliki berbagai strategi belajar, ternyata hasil nilai ujian mereka di sekolah semuanya buruk. Menurut hasil penelitian, jika seorang anak menonton TV lebih lama satu jam, nilai mereka akan turun hingga 18 angka.

Dengan adanya hasil penelitian ini, para ilmuwan berharap agar orangtua mendorong anaknya untuk melakukan banyak aktivitas fisik. Jangan sampai anak-anak kita terlalu banyak menghabiskan waktu di depan televisi atau laptop dan kemampuan akademiknya berkurang. Semoga saja dengan ditemukannya berbagai efek buruk televisi, kita semua bisa mengurangi waktu di depan alat mengerikan tersebut.

(iflscience.com)