Find Us On Social Media :

Benarkah Makan Terlalu Banyak Pisang bisa Membunuh Kita?

By Lila Nathania, Sabtu, 19 September 2015 | 17:00 WIB

Benarkah Makan Terlalu Banyak Pisang bisa Membunuh Kita?

Intisari-Online.com – Pisang adalah salah satu buah yang sangat populer. Selain enak, pisang memiliki banyak manfaat dan sering juga dijadikan buah wajib para pediet. Namun benarkah bahwa memakan terlalu banyak pisang bisa membunuh Anda?

Ada mitos yang mengatakan bahwa memakan lebih dari enam pisang sehari bisa membunuh Anda. Apakah mitos itu benar? Seorang figur publik yang terkenal, Karl Pilkington, pernah berkata bahwa kadar potassium dalam pisang bisa berbahaya bagi tubuh bila dikonsumsi secara berlebihan. Karenanya, kita tak boleh memakan lebih dari enam pisang sehari.

Pernyataan ini kemudian disanggah oleh Catherine Collins, pakar diet dari St George Hospital, London. Menurut Collins, potassium adalah zat yang ada dalam setiap sel di tubuh kita. Tubuh membutuhkan potassium untuk membantu setiap sel dapat berfungsi dengan baik. Namun kadar potassium yang terlalu tinggi atau terlalu rendah memang dapat menyebabkan detak jantung tidak normal, sakit perut, mual, dan diare. Pada kadar yang sangat tinggi potassium pun dapat menyebabkan gagal jantung.

Walau begitu, Anda tidak mungkin over dosis potassium gegara pisang. Anda harus makan sekitar 400 pisang untuk membuat tubuh mengalami gagal jantung. Jadi, pisang adalah buah yang sangat sehat dan Anda boleh mengonsumsinya kapan saja tanpa merasa khawatir.

Sebagai panduan, Collins berkata bahwa rata-rata pisang mengandung 450 miligram potassium. Seorang dewasa dianjurkan mengonsumsi 3.500 miligram potassium dalam sehari. Jadi jumlah optimal konsumsi pisang dalam sehari adalah 7,5 buah.