Find Us On Social Media :

Foto Beruang Kutub Kurus Kering ini Bukti Nyata Pemanasan Global

By Lila Nathania, Minggu, 20 September 2015 | 16:00 WIB

Foto Beruang Kutub Kurus Kering ini Bukti Nyata Pemanasan Global

Intisari-Online.com – Sebagian besar dari kita mungkin masih mengira bahwa isu pemanasan global dan pentingnya menyelamatkan lingkungan merupakan omong kosong. Namun foto beruang kutub kurus kering ini merupakan bukti nyata pemanasan global yang kian parah.

Anda mungkin sering melihat foto beruang kutub yang putih bersih, gemuk, dan lucu seperti panda. Sayangnya, foto-foto tersebut tidak sepenuhnya benar. Di luar sana ternyata banyak beruang kutub yang kurus kering karena efek pemanasan global.

Sebenarnya para ilmuwan setempat menyatakan bahwa populasi beruang kutub di Svalbard masih stabil. Namun, seorang fotografer yang berhasil mengambil foto menyedihkan ini, Kerstin Langenberger, mengatakan bahwa ia makin sering menemukan beruang kutub yang kurus dan kelaparan.

Langenberger berkata bahwa sekarang lapisan es terus mengecil dengan kecepatan yang mengkhawatirkan. Ia makin sering melihat beruang kutup yang kelaparan dan mati. Beruang-beruang ini sering berkeliaran mencari makan. Mereka bahkan memakan sarang burung, lumut, dan rumput laut karena sudah tidak ada makanan yang lain.

Beruang-beruang yang gemuk sekarang hanyalah para pejantan yang selalu berdiam di satu tempat. Para beruang betina yang harus melakukan perjalanan ke daratan untuk melahirkan hampir selalu kurus. Mereka harus berenang makin jauh setiap tahunnya dan makanan yang tersedia pun sangat sedikit.

Beruang kutub merupakan salah satu hewan yang terancam keberlangsungan hidupnya. Dalam kurang darri 50 tahun terakhir, populasi mereka sudah berkurang 30%. Semua hal ini terjadi karena ulah manusia yang memperparah pemanasan global sehingga lempengan-lempengan es di kutub makin cepat mencair.

(iflscience.com)