Find Us On Social Media :

Apakah Film Jurassic World Sesuai dengan Ilmu Pengetahuan dan Sejarah? (1)

By Lila Nathania, Minggu, 20 September 2015 | 13:30 WIB

Apakah Film Jurassic World Sesuai dengan Ilmu Pengetahuan dan Sejarah? (1)

Intisari-Online.com – Para pecinta film pasti sudah menyaksikan sekuel terbaru film dinosaurus yang legendaris ini. Nah, menurut Anda apakah film Jurasic World sesuai dengan ilmu pengetahuan dan sejarah?

1. Fakta tentang Velociraptors

Di film Jurassic World, raptors berburu bersama. Mereka juga bisa berkomunikasi satu sama lain serta memahami adanya pemimpin yang dominan. Jika Anda ingat, dalam salah satu adegan film ada Chris Pratt yang membentangkan kedua tangannya untuk menenangkan tiga raptor ‘peliharaannya’.

Menurut Daniel Barta, PhD di bidang paleontologi, hal ini mungkin saja terjadi sebab fosil menunjukkan bahwa dinosaurus karnivora hidup dan berburu dalam kelompok. Namun apakah raptor dapat berkoordinasi saat berburu tidak dapat dipastikan oleh ilmuwan.

2. Melarikan diri dari Tyrannosaurus Rex

Dalam film, dinosaurus Velociraptors bisa berlari dengan kecepatan 65 – 80 kilometer per jam saat lapar. Apakah hal ini benar? Ternyata menurut Barta kebanyakan dinosaurus hanya bisa berlari dengan kecepatan 30 – 48 kilometer per jam saja.

Studi terakhir pada Tyrannosaurus Rex juga membuktikan bahwa karnivora raksasa ini tidak bisa berlari secepat dalam film Jurassic World. Jadi, walau mengerikan ternyata T-rex tidaklah secepat itu.

3. Pteranodon bisa mengangkat manusia?

Perlu Anda ketahui bahwa pteranodon sendiri sebenarnya bukan dinosaurus. Selain itu, pteranodon juga tidak bisa menangkap membawa Anda terbang tinggi. Barta berkata bahwa kaki pteranodon tidak bisa menggenggap sesuatu, sama seperti burung.

Untung saja pteranodon dalam Jurassic World digambarkan dengan benar; tanpa gigi. Dalam film-film Jurassic Park yang sebelumnya, pteranodon digambarkan memiliki gigi.

Itulah tiga fakta dari Jurassic World yang sudah dicocokkan dengan sejarah dan ilmu pengetahuan oleh ahlinya.

(vocativ.com)