Find Us On Social Media :

Apakah Film Jurassic World Sesuai dengan Ilmu Pengetahuan dan Sejarah? (2)

By Lila Nathania, Minggu, 20 September 2015 | 14:00 WIB

Apakah Film Jurassic World Sesuai dengan Ilmu Pengetahuan dan Sejarah? (2)

Intisari-Online.com – Para pecinta film pasti sudah menyaksikan sekuel terbaru film dinosaurus yang legendaris ini. Nah, menurut Anda apakah film Jurasic World sesuai dengan ilmu pengetahuan dan sejarah?

4. Apa itu Mosasaur?

Jika Anda ingat, di Jurassic World terdapat dinosaurus air yang sangat besar dan menakutkan. Apakah Mosasaur ini benar-benar ada? Sayang, jawabannya adalah tidak. Mosasaur sebenarnya adalah salah satu keluarga kadal dan ular. Secara teknis mereka adalah kadal laut.

Walau bukan dinosaurus, hewan ini tetap menakutkan bukan? Mungkin tidak semenakutkan yang Anda bayangkan karena Mosasaur ternyata juga tidak sebesar dalam film. Mosasaur di film mungkin terlihat sangat besar seperti paus, sedangkan Mosasaur asli panjangnya sekitar 12 meter saja.

5. Dinosaurus herbivora sangat ramah

Triceratops dan Apatosaurus di film ini terlihat sangat kalem. Apakah mereka memang bertingkah laku seperti itu? Berta menjelaskan bahwa meski satu spesies binatang hanya memakan dedaunan, bukan berarti mereka jinak.

Contoh paling mudah adalah kuda nil, hewan paling berbahaya di Afrika yang sebenarnya herbivora. Gajah juga hewan yang sangat berbahaya bila merasa terancam. Jadi bukan berarti semua hewan herbivora itu jinak walau mereka tidak mungkin memakan Anda.

6. Apakah kloning dinosaurus memang mungkin?

Kloning dinosaurus adalah hal yang masih sangat jauh dengan tekonologi yang dimiliki oleh manusia saat ini. Untuk melakukan kloning, kita membutuhkan DNA. DNA dinosaurus jelas tidak bisa bertahan selama 65 juta tahun dalam batu atau fosil sejenis. Jadi, kita masih jauh kloning Tyranosaurus rex atau membuat dinosaurus hybrid Indominus rex.

Itulah tiga fakta dari Jurassic World yang sudah dicocokkan dengan sejarah dan ilmu pengetahuan oleh ahlinya.

(vocativ.com)