Find Us On Social Media :

Jubah Gaib ala Harry Potter makin Dekat dengan Kenyataan

By Lila Nathania, Sabtu, 26 September 2015 | 15:00 WIB

Jubah Gaib ala Harry Potter makin Dekat dengan Kenyataan

Intisari-Online.com – Siapa yang tidak mau memakai jubah yang bisa menyembunyikan tubuh dari penglihatan manusia? Kabar gembiranya, jubah gaib ala Harry Potter tersebut sudah makin dekat dengan kenyataan.

Selama ini jubah gaib mengkin hanya ada di film dan cerita-cerita fantasi. Namun jubah itu sekarang sudah semakin dekat dengan kenyataan. Para ahli fisika sudah menemukan cara bagaimana membuat jubah gaib tersebut.

Sebuah objek bisa dilihat oleh manusia karena mereka mengganggu gelombang cahaya berdasarkan bentuk tertentu. Kita bisa melihat benda tersebut karena cahaya memantul dari bentuk benda tersebut. Begitu jugalah cara kerja sebuah radar yang menangkap gelombang radio atau gelombang mikro dari benda.

Sebagian besar jubah gaib yang selama ini sudah diciptakan berusaha membengkokkan gelombang cahaya yang menabrak benda tersebut. Dengan cara ini, mata (atau radar) bisa dimanipulasi. Sayang, selama ini jubah gaib itu hanya bisa digunakan untuk benda yang sangat kecil.

Untunglah beberapa waktu belakangan sebuah jubah gaib versi terbaru berhasil dikembangkan oleh para peneliti. Mereka berhasil membuah jubah yang benar-benar bisa menyembunyikan sebuah objek. Mereka juga optimis bisa membuat jubah ini dalam ukuran yang lebih besar.

Jubah yang disebut-sebut tersebut memang sekarang sudah bisa menyembunyikan benda dari radar. Kelak, teknologi ini mungkin bisa digunakan untuk meyembunyikan pesawat perang dari radar musuh. Namun para ilmuwan sendiri mengaku bahwa mereka masih membutuhkan waktu untuk membuat jubah yang sungguh-sungguh bisa menyembunyikan manusia dari mata.

(iflscience.com)