Find Us On Social Media :

Foto Menakjubkan ini merupakan Bintang yang Meledak 8.000 Tahun Lalu

By Lila Nathania, Sabtu, 26 September 2015 | 16:00 WIB

Foto Menakjubkan ini merupakan Bintang yang Meledak 8.000 Tahun Lalu

Intisari-Online.com – Dunia luar angkasa selalu menjadi misteri yang menyenangkan untuk dipelajari. Berikut salah satu foto menakjubkan binatang yang meledak 8.000 tahun yang lalu.

Baru-baru ini NASA mempublikasikan sebuah foto yang sangat cantik. Foto tersebut diambil oleh Teleskop Luar Angkasa Hubble. Objeknya sendiri adalah sebuah bintang yang sudah meledak 8.000 tahun lalu.

Foto tersebut diambil pada Veli Nebula, sebuah supernova yang terletak 2.000 tahun cahaya dari bumi. Gambar cantik tersebut merupakan gabungan dari enam foto yang diambil dari enam teleskop Hubble.

Jika Anda ingin membayangkan luasnya, foto tersebut meliputi area sekitar dua tahun cahaya. Dua tahun cahaya adalah wilayah yang kecil karena ukuran keseluruhan Veli Nebula adalah 110 tahun cahaya.

Nebula ini pertama kali didokumentasikan oleh teleskop Hubble pada tahun 1997. Veli Nebula dulunya adalah sebuah bintang yang berukuran 20 kali lebih besar dari matahari. Dalam foto tersebut, kita bisa melihat sisa-sisa pancaran cahaya yang masih ada meski sang bintang sudah meledak.

Dalam foto itu Anda bisa melihat berbagai macam warna. Bila Anda penasaran, warna merah berasal dari hidrogen, biru oksigen, dan hijau sulfur. Bila Anda senang dengan hal-hal berbau luar angkasa, lihatlah kumpulan foto yang diunggah oleh NASA. Mereka juga membuat sebuah video yang menunjukkan konstelasi Cygnus, tempat Veli Nebula berada.

(iflscience.com)