Find Us On Social Media :

Hiu Harus Terus Berenang Agar Tetap Hidup

By Monalisa Darwin D, Sabtu, 26 September 2015 | 12:00 WIB

Hiu Harus Terus Berenang Agar Tetap Hidup

Intisari-Online.com - Tahukah kita ternyata ikan hiu harus terus berenang agar mereka tetap hidup? Sebagian besar ikan memiliki “kandung renang”, yaitu organ seperti balon berisi gas yang memungkinkan ikan tetap mengapung dan bertahan di dalam air. Namun, hiu tidak memiliki “kandung renang”.

Karena tidak memiliki organ itulah kemudian hiu akan tenggelam ketika mereka tidak sedang berenang. Hal ini juga ditambah dengan lebih beratnya tubuh mereka daripada air. Beberapa jenis hiu, termasuk hiu putih besar dan hiu kepala palu justru harus terus berenang agar bisa bernapas. Mereka harus terus bergerak maju untuk terus berenang agar melewatkan air yang mengandung oksigen untuk ke insangnya, proses ini disebut ventilasi ramjet wajib.

Namun, ada juga beberapa spesies hiu yang tidak harus berenang untuk dapat bernapas. Pemahaman lain yang keliru adalah ikan tidak punya kelopak mata dan ikan tidak pernah tidur. Padahal, hiu memiliki kelopak mata, bahkan mereka ada yang memiliki kelopak mata pelindung tambahan yang disebut nictitating membrane (selaput ketiga yang transparan).

Ahli biologi kelautan berdebat tentang apakah hiu tidur atau tidak, namun kebanyakan memang menganggap bahwa hiu melambatkan fungsi otaknya dari waktu ke waktu dan tetap bergerak dengan sejenis “pilot otomatis”.

Mungkin sebagian dari kita baru tahu ternyata hiu harus terus berenang agar mereka tetap hidup. Menarik, bukan? (Mark Leyner & Billy Goldberg dalam “Why Do Men Fall Asleep After Sex?”. Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama)