Find Us On Social Media :

Mengapa Pengaturan Snooze di iPhone adalah 9 Menit?

By Lila Nathania, Minggu, 11 Oktober 2015 | 12:00 WIB

Mengapa Pengaturan Snooze di iPhone adalah 9 Menit?

Intisari-Online.com – Para pengguna iPhone mungkin sudah akrab dengan fitur alarm di ponsel Anda. Namun tahukah Anda mengapa pengaturan ‘snooze’ di iPhone adalah 10 menit?

Banyak orang yang bertanya-tanya mengapa setting fitur snooze di iPhone memberikan waktu tambahan tidur selama sembilan menit. Interval ini dipertanyakan karena angkanya cukup janggal. Biasa angka yang digunakan adalah satu, lima, atau mungkin 10. Mengapa harus sembilan?

Ternyata Apple menggunakan interval waktu sembilan menit untuk menghormati sejarah jam. Pada zaman dahulu, jam mekanis hanya bisa menawarkan fitur snooze selama sembilan menit. Sebabnya adalah karena jika ingin mengaktifkan fitur snooze, Anda harus menekan tombol yang mengontrol jarum ‘menit’ pada sebuah jam.

Nah, kebanyakan orang memilih waktu 10 menit untuk tidur lagi. Mereka biasanya memasukkan angka yang ditambahi 10 menit pada jam weker. Namun ketika seseorang menambahkan 10 menit pada jamnya, sebenarnya sudah ada sejumlah detik yang terbuang. Karenanya, tidak mungkin orang itu benar-benar tidur selama 10 menit.

Berangkat dari pemikiran itu, bisa disimpulkan bahwa jika menggunakan jam weker biasa yang fitur 'snooze'-nya manual, maka Anda akan dibangunkan lagi kurang dari 10 menit dan lebih dari sembilan menit. Jadi untuk mengenang masa-masa itulah Apple memutuskan untuk membuat fitur 'snooze' dengan interval waktu sembilan menit. Unik, bukan?

Itulah alasan historis mengapa Apple memilih waktu snooze sembilan menit. Rupa-rupanya untuk menghargai awal penemuan fitur snooze di jam mekanis zaman dahulu yang fiturnya tidak bisa disetel secara otomatis.

(yahoo.com)