Find Us On Social Media :

Awan Lenticular, Awan yang Mirip UFO, Kembali Muncul di Atas Pegunungan Rusia

By Arnaldi Nasrum, Kamis, 22 Oktober 2015 | 14:00 WIB

Awan Lenticular, Awan yang Mirip UFO, Kembali Muncul di Atas Pegunungan Rusia

Intisari-Online.com - Pergerakan awan adalah salah satu fenomena alam yang sering menunjukkan hal-hal unik dan aneh karena bentuknya. Salah satu bentuk awan yang sangat fenomenal adalah awan lenticular.

Baru-baru ini, awan lenticular kembali ditemukan di Rusia dan berhasil diabadikan oleh Fotografer Vladimir Voychuk. Awan lenticular adalah awan yang biasanya terbentuk di sekitar bukit-bukit dan gunung akibat dari pergerakan udara di kawasan pegunungan. Awan ini terlihat cukup berbeda yakni seperti sebuah piring terbang raksasa. Tidak sedikit orang yang menganggapnya sebagai bagian dari penampakan UFO.

Awan lenticular memang sangat jarang terjadi. Namun, Voychuk kembali menemukan awan spektakuler tersebut. Ia berhasil mengambil gambar awan lenticular yang berada tepat di atas gunung berapi Kamchatka, Rusia Timur.

Menurutnya, ini bukan pertama kalinya ia melihat awan tersebut. Namun, ini adalah pertama kalinya ia berhasil mengambil gambar awan lenticular.

Menurutnya, gambar yang paling menarik adalah gambar yang berhasil merekam momen dua awan kelabu yang terbentuk di sekitar gunung berapi Klyuchevskaya Sopka. Ia melakukannya sambil menghela nafas dalam-dalam.  

“Ini adalah hal yang cukup langka untuk menangkap momen awan yang terbentuk tidak hanya oleh uap tetapi juga asap yang keluar dari gunung berapi aktif,” ungkapnya.

Meskipun harus melakukan perjalanan ribuan mil untuk sampai ke sana, Voychuk berpikir Kamchatka adalah tempat yang paling spektakuler di dunia untuk memotret.