Find Us On Social Media :

Gigi Hiu Kuno Raksasa Seukuran Telapak Tangan Ditemukan di Pantai North Carolina

By Moh Habib Asyhad, Selasa, 27 Oktober 2015 | 14:30 WIB

Gigi Hiu Kuno Raksasa Seukuran Telapak Tangan Ditemukan di Pantai North Carolina

Intisari-Online.com - Sebuah gigi hiu kuno raksasa seukuran telapak tangan ditemukan di pantai North Carolina, AS. Fosil gigi itu ditemukan di Topsail Beach, diduga milik hiu prasejarah, Megalodon, yang menjelajahi lautan sekitar 15 juta tahun yang lalu.

Para ahli mengatakan bahwa pantai North Carolina dikenal sebagai tempat utama untuk menemukan fosil dari gigi hiu raksasa, termasuk hiu Megalodon. Nama ini, yang dalam istilah Yunani Kuno berarti “gigi besar”, pertama kali diberikan oleh ahli biologi kelahiran Swiss, Louis Aggasiz, pada 1843.

“Ya Tuhan, saya merasa seperti memenangkan lotere atau sesuatu,” ujar Danny Bland, si penemu gigi langka itu, seperti dilansir Witn.com. Bland mengaku sebagai yang pertama menyentuh gigi itu sejak keluar dari mulut si hiu jutaan tahun yang lalu.

Sementara itu Cynthia Crane dari Museum Fosil Aurora, North Carolina, mengaku senang bisa menemukannya. Ia menyebut penemuan ini sebagai jalan terang untuk mengulik jejak masa lalu dan sebagai catatan paleontologi North Carolina.

 

Sementara Holly Ridge dari media Surf City, yang mengunggah foto gigi itu secara online, mengatakan bahwa tak aneh menemukan fosil seperti itu di pantai.

“Kami biasa menemukan 1-2 fosil per tahun di sepanjang pantai, di tenggara North Carolina. Gigi-gigi itu panjangnya di bawah 6 inci, yang merupakan ukuran penuh dari gigi hiu spesies ini,” ujar Ridge yang mengaku bahwa gigi terbesar yang ditemukannya berukuran 7 inci.