Find Us On Social Media :

9 Negara Pemilik Senjata Nuklir yang Siap Diledakkan Kapan Saja

By Ade Sulaeman, Senin, 2 November 2015 | 12:30 WIB

9 Negara Pemilik Senjata Nuklir yang Siap Diledakkan Kapan Saja

Intisari-Online.com - Meskipun tuntutan pelucutan senjata nuklir semakin kuat, di seluruh dunia masih terdapat sekitar 16.300 bom atom. Berikut negara-negara pemilik senjata nuklir.

Rusia

Negara ini merupakan pemilik senjata nuklir terbesar, demikian menurut lembaga penelitian asal Swedia, Stockholm Peace Research Institute (SIPRI). Rusia saat ini memiliki 8.000 hulu ledak nuklir. Negara ini pertama kali melakukan uji coba senjata nuklir pada tahun 1949.

Amerika Serikat

Negara ini merupakan satu-satunya yang pernah menggunakan bom atom dalam perang. Saat ini, Amerika Serikat masih memiliki 7.300 bom atom.

Perancis

Setelah Rusia, Perancis merupakan negara Eropa yang terbanyak menyimpan senjata nuklir. Negara ini mulai mengembangkan senjata nuklir pada tahun 1960, dan saat ini memiliki 300 hulu ledak nuklir.

China

Negara dengan kekuatan ekonomi terbesar di Asia dan dengan jumlah tentara terbanyak di Dunia ini, diperkirakan memiliki 250 bom atom. China melakukan uji coba pertama senjata nuklir pada tahun 1964.

Inggris

Sekutu terdekat Amerika Serikat ini memiliki 225 senjata nuklir. Inggris pertama kali lakukan uji coba nuklir pada tahun 1952.

Pakistan