Find Us On Social Media :

Inilah Alasan Kenapa Sikat Gigi Kita Cepat Aus

By Moh Habib Asyhad, Rabu, 4 November 2015 | 12:00 WIB

Inilah Alasan Kenapa Sikat Gigi Kita Cepat Aus

Intisari-Online.com - Kita semua tahu bagaimana sentuhan sebuah sikat gigi usang, sebuah sikat gigi yang sudah tidak halus lagi. Memang terasa lebih nyaman dan begitu lembut—tapi itu tidak berguna sama sekali. Tentu kita bertanya-tanya bagaimana sikat gigi yang pertama kali beli begitu kasar cepat sekali usang? Bagaimana sikat gigi kita begitu cepat aus?

Ternyata eh ternyata, menghalusnya permukaan sikat gigi itu bukan disebabkan oleh gesekan dengan gigi secara terus menerus. Itu semua disebabkan oleh pasta gigi yang kita pakai.

Applied Science dengan menggunakan kamera pembesar digital menunjukkan pada kita bagaimana pasta gigi merusak sikat gigi. Ialah dicalcium phospate dihydrate—salah satu zat yang terkandung di dalam pasta gigi—biang keroknya. Ia adalah alasan kenapa harus membeli sikat gigi baru saban minggunya.

Lihat video berikut:

Seperti dijelaskan Ben Krasnow, bagaimanapu juga, zat itu sangat berguna untuk menghilangkan plak pada gigi. Dan sikat gigi yang dibuat secara kasar ditujukan untuk mempermudah kerja zat tersebut, membantu menggosok plak dan noda lainnya lebih cepat.

Tapi dicalcium phospate dihydrate memang pisau bermata dua; ia membersihkan plak pada gigi kita sekaligus membuat sikat gigi kita cepat aus.