Find Us On Social Media :

Dakoraptor, Dinosaurus Bersayap Terbesar yang Pernah Ditemukan

By Lady Ivonne, Jumat, 6 November 2015 | 11:30 WIB

Dakoraptor, Dinosaurus Bersayap Terbesar yang Pernah Ditemukan

Intisari-Online.com - Sebuah tim peneliti yang dipimpin alumni Universitas Kansas telah mengidentifikasi Dakotaraptor, dinoasaurus bersayap terbesar yang pernah ditemukan.

Mereka mengatakan makhluk raksasa itu bukan hanya salah satu yang terbesar yang pernah ditemukan, tapi juga lincah dan ganas seperti velociraptor.

Dakotaraptor yang fosilnya ditemukan Hell Creek Formation di South Dakota, diperkirakan mempunyai sekitar 17 panjang kaki, membuatnya menjadi raptor terbesar di dunia.

“Dinosaurus predator baru ini juga mengisi kesenjangan ukuran tubuh antara theropoda yang lebih kecil dan tyronnasurus besar yang hidup pada saat ini,” Paleontolog KU dan penulis David Burnham mengatakan.

 “Pada periode Cretaceous raptor ini bertubuh lebih kecil dan mungkin hanya selincah dan seganas theropoda yang lebih kecil, seperti Velociraptor,” kata Robert DePalma, kurator paleontologi vertebrata di Palm Beach Museum of Natural History yang memimpin ekspedisi ke South Dakota di mana spesimen ditemukan. 

Dia menambahkan bahwa fosil keduanya menunjukkan bukti “benjolan batang bulu” di mana bulu mungkin akan melekat pada lengan dari dinosaurus.

Ini juga menunjukkan bahwa dinosaurus-dinosaurus yang bisa terbang berevolusi beberapa kali dalam garis keturunan yang memimpin kepada burung modern.

(dailymail.co.uk)